kumparan
10 Apr 2019 14:14 WIB

Riset: Traveler Lebih Senang Mengunjungi Akomodasi yang Sama

com-solo traveling Foto: Pixabay
Saat traveling, akomodasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi traveler.
ADVERTISEMENT
Tak sembarang pilih, biasanya para traveler memperhatikan beberapa faktor sebelum memilih akomodasi seperti hotel, resort, ataupun penginapan lainnya.
Contohnya adalah mulai dari hal unik yang ditawarkan dari sebuah penginapan, keramahtamahan pengelola akomodasi hingga layanan kamar adalah beberapa hal kenapa mereka memilih akomodasi tersebut.
View di Depan Penginapan Foto: Instagram (@marischkaprue)
Booking.com baru-baru ini melakukan penelitian terhadap lebih dari 21.500 traveler global. Hasilnya, ditemukan hampir dua pertiga atau sekitar 63 persen responden percaya bahwa lama atau tidaknya waktu menginap traveler dipengaruhi oleh orang-orang yang mengelola akomodasi tersebut.
Akomodasi yang menjadi pilihan traveler seringkali tercermin dalam kepribadian tuan rumah dan juga kesigapan mereka terhadap kebutuhan tamu-tamunya.
Tak hanya itu, manajer B&B yang mengetahui beberapa tips lokal, pemilik apartemen yang memperhatikan setiap detail dari pengalaman tamu, hingga pengelola villa yang menyediakan makanan buatan rumah bagi para tamunya juga menjadi nilai tambah kenapa mereka memilih akomodasi tersebut.
Membuatmu ingin menginap di sana. Foto: pixabay
Dan hal itu lah yang membuat lebih dari setengah atau 51 persen traveler memilih untuk menginap di akomodasi yang sama karena senang dengan kehangatan ataupun keramahtamahan tuan rumahnya.
ADVERTISEMENT
Ini juga membuktikan bahwa peran tuan rumah atau pengelola akomodasi akan terus menjadi faktor penting bagi traveler yang mencari akomodasi alternatif tahun ini.
Hal ini dikarenakan lebih dari dua pertiga atau 69 persen responden berencana untuk menginap di akomodasi yang memungkinkan mereka berinterasksi dengan pemilik atau tuan rumahnya pada tahun 2019.
Bubble Hotel Foto: Instagram/@bubblehotelbali
“Penelitian kami mengungkapkan betapa pentingnya bagi pemilik dan manajer akomodasi untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, demi memastikan pengalaman menginap yang paling berkesan baik di rumah, apartemen, guesthouse, atau jenis properti lainnya,” kata Olivier Gremillon, Vice President di Booking.com.
Namun, ada juga beberapa tipe traveler yang memiliki ekspektasi tinggi tentang pelayanan dari tuan rumah. Bagi sebagian besar 66 persen responden, perasaan seperti layaknya berada di rumah sendiri adalah hal sangatlah penting.
ADVERTISEMENT
Perlu ada keseimbangan untuk memastikan pengalaman terbaik, karena tidak semua orang tertarik untuk terlalu beramah tamah. Lebih dari setengah responden 52 persen merasa bahwa mereka hanya perlu melihat tuan rumah mereka sekali saja, dan lebih dari sepertiganya 36 persen berharap hanya dihubungi sekali saat check-in dan sekali saat check-out.
Bagaimana, sepakatkah kamu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·