Pencarian populer

5 Olahraga yang Paling Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi olahraga. Foto: Shutter Stock
Bagi Anda yang tengah berusaha untuk menurunkan berat badan, tentu paham bahwa diet saja tak cukup untuk bisa merealisasikan penurunan berat badan tersebut.
ADVERTISEMENT
Ya, diet yang sehat juga perlu dibarengi dengan olahraga yang tepat dan teratur. Olahraga dapat membantu Anda untuk membakar kalori, lemak, dan pembentukan otot tubuh.
Banyaknya ragam olahraga yang hadir saat ini membuat kita terkadang bingung untuk menentukan olahraga paling efektif yang bisa menurunkan berat badan. Berikut lima ragam olahraga yang bisa Anda coba untuk membantu menurunkan berat badan. Apa saja? Yuk, simak!
1. Lompat Tali
Ilustrasi lompat tali Foto: Shutterstock
Selain menyenangkan, olahraga lompat tali ternyata mampu membakar kalori yang besar. Jika dilakukan dengan efektif, lompat tali atau jumping rope bisa membakar kalori sebanyak 667-990 kalori dalam satu jam. Jika diaplikasikan, Anda perlu melakukan 120 lompatan dalam satu menit.
Cobalah untuk latihan secara bertahap. Misalnya, di hari pertama Anda hanya mampu melakukannya 20 menit, lalu keesokan harinya menjadi 30 menit, dan seterusnya.
ADVERTISEMENT
2. Lari Menanjak
Ilustrasi berlari untuk menjaga kesehatan. Foto: pixabay
Dengan berlari pada dataran yang menanjak, Anda bisa membakar 639-946 kalori setiap jamnya. Cukup simpel, bukan?
Jika lari mungkin menjadi hal yang masih terlalu sulit, maka cobalah untuk berjalan di jalanan menanjak terlebih dahulu. Lakukanlah secara rutin. Atau jika ingin lebih menyenangkan, luangkan waktu Anda untuk hiking satu minggu sekali.
3. Kickboxing
Ilustrasi olahraga kickboxing. Foto: Shutterstock
Olahraga yang satu ini juga dikenal sebagai olahraga cardio yang menyenangkan. Anda bisa coba melakukan olahraga kickboxing secara konsisten dengan ritme 30 detik istirahat, dan 90 detik sparring (latihan kickboxing). Lakukan ritme ini selama satu jam penuh, maka Anda bisa membakar sebanyak 582-864 kalori dalam satu jam.
4. Bersepeda
Ilustrasi olahraga bersepeda Foto: Shutterstock
Berspeda adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Anda bisa bersenang-senang sembari membakar kalori di waktu bersamaan.
ADVERTISEMENT
Cobalah untuk bersepeda secara konsisten dalam jarak tempuh yang jauh. Dalam satu jam, Anda bisa membakar setidaknya 568-841 kalori per jam. Bersepeda bisa Anda lakukan setiap pagi sebelum memulai pekerjaan.
5. Lari
com-ilustrasi olahraga Foto: Shutterstock
Berlari sejatinya memang selalu menjadi pilihan olahraga paling mudah. Selain tak perlu memungut biaya, berlari juga bisa Anda lakukan kapan saja.
Anda tak perlu berlari kencang, namun cobalah untuk berada dalam kecepatan stabil selama satu jam. Jika dilakukan, Anda bisa membakar sebanyak 566-839 kalori.
Siap mencoba kelima olahraga ini untuk menurunkan berat badan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80