Pencarian populer

Tips Gunakan Concealer Agar Tahan Lama dan Tidak Luntur

Make Over Under Eye Perfecting Concealer. Foto: dok. Make Over
Dalam merias wajah, concealer adalah kosmetik yang berfungsi untuk menyamarkan noda-noda pada wajah dan menyempurnakan riasan setelah memakai foundation. Tak hanya itu saja, concealer juga digunakan di bawah mata untuk menyamarkan lingkaran hitam pada area mata.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, banyak orang yang masih tidak tahu bagaimana menggunakan concealer dengan tepat. Hasilnya, makeup menjadi cakey alias muncul garis-garis harus yang membuat makeup terlihat pecah-pecah. Parahnya lagi, concealer akan creasing atau luntur, tidak tahan lama dan tidak menyatu dengan riasan wajah jika tidak diaplikasikan dengan benar.
Lantas, bagaimana cara menggunakan concealer yang tepat?
Makeup Artist Dhirman Putra mengatakan, satu hal yang perlu diketahui adalah seluruh concealer yang diklaim full coverage akan tetap creasing. Justru semakin tebal Anda menggunakannya, concealer akan makin mudah creasing, sebagus apapun mereknya.
Ilustrasi merias wajah Foto: dok. Thinkstock
"Sebelum pakai concealer, ketahui dulu teknik memakainya. Jangan terlalu tebal, cukup gunakan tipis di bawah mata. Gunakan tangan untuk membaurkannya, karena suhu tangan yang hangat membuat produk kosmetik lebih membaur," tutur Dhirman saat ditemui kumparan dalam acara Make Over di Goodrich Suites, Antasari, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Setelah membaurkan concealer dengan tangan hingga agak merata, Anda bisa menggunakan spons makeup atau beauty blender. Cukup tepuk-tepuk ringan pada area mata, tidak perlu ditekan karena akan membuat concealer terangkat dan menempel pada spons.
Ilustrasi Concealer. Foto: dok. Unsplash
"Pakai concealer di bawah mata cukup di satu titik saja, setelah itu baurkan pakai tangan. Kalau belum menutupi lingkaran hitam di bawah mata, pakai concealer warna oranye dulu, baurkan, dan tutup pakai concealer yang satu atau dua tingkat di atas warna kulit, baurkan lagi dengan tangan," lanjut makeup artist resmi dan brand ambassador kosmetik lokal Make Over ini.
Concealer berwarna oranye berguna untuk menetralkan warna kulit, termasuk menyamarkan warna hitam di bawah area mata. Dhirman menambahkan, Anda bisa mengunakan lipstik berwarna merah sebagai pengganti concealer oranye. Namun pastikan, lipstik merah tersebut bukanlah lipstik matte atau lipstik cair karena akan sulit untuk dibaurkan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80