Pencarian populer

3 Langkah Bantu Teman yang Mengalami Kekerasan dalam Pacaran

Ilustrasi kekerasan terhadap perempuan. (Foto: Pexels)

Kekerasan dalam pacaran bisa terjadi pada siapa saja. Kalau bukan terjadi padamu, mungkin teman dekatmu sedang mengalaminya. Baik itu berupa kekerasan fisik, kekerasan verbal, maupun kekerasan seksual.

Walau bukan sepenuhnya urusanmu, tak ada salahnya membantu teman terdekat yang menjadi korban kekerasan dalam pacaran. Menurut American Psychological Association kamu bisa melakukan tiga langkah ini untuk membantu temanmu.

1. Bicara padanya

Tataplah gebetan kamu saat sedang bicara (Foto: thinkstock)

Seseorang yang mengalami kekerasan dalam pacaran sering merasa bahwa mereka tidak bisa bicara kepada orang lain. Termasuk kepadamu, teman dekatnya.

Jika kamu telah melihat gelagat bahwa temanmu mengalami kekerasan tersebut, ada baiknya kamu bicara lebih dulu. Katakan bahwa kamu peduli dengan keselamatannya sehingga ia tak lagi merasa sungkan untuk bercerita tentang masalahnya.

2. Dengarkan dia

Com-Dengarkan Keluhannya (Foto: Thinkstocks)

Jika temanmu memutuskan untuk bercerita perihal masalah hubungannya kepadamu, maka kamu harus mendengarkannya dengan serius. Itu artinya dia sudah percaya kepadamu.

Berikan respons bahwa kamu mendukungnya dan mempercayainya. Jangan pernah menganggap cerita temanmu sepele dan kamu berakhir membeberkan informasi tak perlu mengenai cerita tersebut kepada teman-teman yang lain.

3. Panggil bantuan

ilustrasi konsultasi dengan psikolog (Foto: Thinkstock)

Kekerasan dalam pacaran tidak hanya bisa diselesaikan dengan hanya mencurahkan rasa sakit yang telah dialami. Hal itu bisa menenangkan tapi tak betul-betul menyelesaikan masalah.

Jika perlu, diskusikan pada temanmu tentang langkah selanjutnya untuk mengonsultasikan masalah kekerasan pacaran kepada orang dewasa yang kira-kira bisa menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya, ke Guru Bimbingan Konseling atau ke orang tua.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63