kumparan
16 Jan 2019 12:06 WIB

5 Hal yang Membuat Kamu Sulit Move On dari Mantan Pacar

com-Tips move on dengan mantan (Foto: Thinkstock)
Move on dari mantan pacar memang bukan sesuatu yang mudah. Apalagi kalau putus di saat kamu lagi sayang-sayangnya. Pasti rasanya sakit banget, kan? Sampai-sampai di waktu malam kamu mau tidur saja masih kepikiran si dia. Capek, deh.
ADVERTISEMENT
Namun sebenarnya susah move on enggak cuma karena faktor rasa cinta yang masih membara saja. Dilansir Business Insider, seorang relationship expert bernama Roori Sassoon memberikan lima hal lain yang membuat kamu makin sulit move on dari mantan pacar. Apa saja?
1. Kamu dan mantan ada di lingkup pergaulan yang sama
Cari teman yang memiliki ketertarikan serupa. (Foto: Thinkstock)
Bagaimana ceritanya mau move on kalau setiap hari kamu dan mantan selalu ketemu di kelas atau kantin sekolah yang sama? Saat enggak sengaja bertemu, menatap mata indahnya, bukan enggak mungkin kamu akan langsung teringat dengan semua kenangan manis bersamanya.
Dan lagi, semakin lama kamu pacaran dengan mantan, semakin banyak pula teman sepermainan yang kalian kenal. Teman macam inilah yang bakal ngecie-ciein kalian terus-menerus meski sudah putus.
ADVERTISEMENT
2. Tetap berteman di media sosial
Ilustrasi Pengguna Media Sosial (Foto: Thinkstock)
Kamu sudah putus tapi masih berteman atau saling follow di media sosial? Yah, kalau begitu mau enggak mau pasti kamu penasaran dengan setiap postingan yang mantanmu buat.
Status hubungannya sudah berubah belum, ya? Atau di Instagram Story kira-kira dia lagi update soal apa? Rasa penasaran itu secara enggak langsung bisa membuatmu selalu teringat dengannya.
Kalau mau move on tapi enggak mau unfollow, minimal coba disembunyikan (hide) dulu, deh, semua postingan mantan.
3. Ada rasa trauma
com-Hubungan 'putus-nyambung' (Foto: Thinkstock)
Wajar kalau kamu takut untuk melangkah lagi buat menjalin hubungan baru setelah putus. Sebab, mungkin saja kamu mengalami rasa trauma karena hubungan yang lama.
Bisa jadi kamu mengalami perlakuan enggak menyenangkan dari pacar lamamu. Lalu kamu khawatir pacar barumu akan melakukan hal yang sama. Tentu kamu enggak ingin merasa sakit hati dua kali, kan? Enggak masalah, lebih baik tenangkan diri dulu saja, enggak perlu terburu-buru.
ADVERTISEMENT
4. Masih saling mengontak
ilustrasi menelepon (Foto: Thinkstock)
Meski sudah putus, ada kalanya kamu masih ingin mengontak mantan pacarmu. Kamu masih ingin mencari tahu kabar tentang si dia dan melakukan komunikasi layaknya kalian masih pacaran.
Kalau begitu terus, Sassoon mengingatkan, “Semua tindakan itu enggaklah sehat, kecuali bila kalian berdua telah move on dan merasa bisa betul-betul jadi teman kembali.”
5. Terus menyimpan pemberiannya
Ilustrasi hadiah mewah fans K-Pop. (Foto: Pixabay)
Saat ulang tahun, mungkin pacarmu memberi sneaker kece. Atau dia sampai rela membelikanmu jam tangan keren limited edition yang juga certified by Japanese institution.
Kalau saat putus kamu enggak segera mengenyahkan barang-barang tersebut, sudah pasti kamu sulit move on. Barang pemberian adalah kenangan, dan kenangan itu akan melekat dekat bersama orang yang memberikannya.
ADVERTISEMENT
Apabila kamu merasa mubazir untuk membuang barang-barang pemberian mantan, kasih teman saja. Biar temanmu saja yang punya beban untuk merawat semua kenangan manis bersama mantan yang enggak bisa kamu rasakan lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan