Cara Membuat Tempe Mendoan yang Gurih untuk Camilan Keluarga

Resep Masakan
Panduan supaya suami betah di rumah
Konten dari Pengguna
20 Maret 2024 10:23 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Resep Masakan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Tempe Mendoan yang Gurih. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Cara Membuat Tempe Mendoan yang Gurih. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu cara mengolah tempe biasanya digoreng hingga benar-benar matang agar teksturnya renyah. Namun, cara membuat tempe mendoan cukup berbeda. Tempe justru diangkat dari kuali sebelum matang saat teksturnya masih empuk.
ADVERTISEMENT
Teknik memasak tempe yang unik ini diciptakan oleh masyarakat Banyumas. Istilah mendoan sendiri diambil dari bahasa Banyumas, yakni mendo yang artinya setengah matang.
Di kota asalnya, mendoan kerap disajikan saat medang, yaitu saat berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman. Minuman pendamping untuk gorengan ini biasanya teh hangat atau kopi hangat.
Mendoan dapat dijumpai dengan mudah di penjual gorengan pada pagi atau malam hari. Bahkan, kebanyakan restoran hotel di Banyumas memasukkan mendoan sebagai menu khas yang wajib dicoba wisatawan

Cara Membuat Tempe Mendoan yang Gurih

Tempe Mendoan Foto: Instagram/@astinabouti
Jika melihat bahan-bahan yang digunakan, pembuatan tempe mendoan cukup mirip dengan tempe goreng tepung pada umumnya. Yang membedakan hanyalah teknik memasaknya.
Simak cara membuat tempe mendoan yang benar berdasarkan resep dari buku Tempe dan Aneka Olahannya karya Wiwin Suwasri berikut ini.
ADVERTISEMENT
(DEL)