Food & Travel
·
13 Februari 2020 16:31

Resep Masakan: Roti Kukus Srikaya buat Ngemil di Rumah

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Resep Masakan: Roti Kukus Srikaya buat Ngemil di Rumah  (52556)
Ilustrasi roti kukus srikaya Foto: dok.shutterstock
Roti biasanya dimakan begitu saja atau diberi tambahan olesan selai cokelat hingga buah-buahan. Tapi sebenarnya roti juga bisa kamu kreasikan jadi makanan lain yang enggak kalah nikmat, lho. Makanya, roti bisa jadi makanan buat sarapan, pengganjal perut, dan bahkan camilan.
ADVERTISEMENT
Buat kamu pencinta roti tapi bingung mau disajikan dalam bentuk apa lagi, cobain, deh resep roti kukus srikaya berikut ini yang lagi viral di Twitter.
Dari segi tampilannya mungkin kamu sudah enggak asing. Roti putih yang mirip bakpao itu diberi isian selai srikaya pandan yang manis-gurih. Rasanya jangan ditanya, mantul deh pokoknya!
Tunggu apalagi? Yuk, langsung coba resep masakan ini di rumah.
Bahan roti:
250 gram tepung terigu
60 gram gula
150 ml susu putih cair
1 sdt ragi (Fermipan)
30 ml minyak goreng
Bahan selai srikaya:
150 gram gula pasir
200 ml santan instan (kental)
4 lembar daun pandan
5 sdm air
2 butir telur
ADVERTISEMENT
Vanilla, secukupnya
Garam, secukupnya
Cara membuat roti:
1. Campur susu cair, tepung terigu, dan gula hingga rata dalam baskom, uleni sampai rata pakai tangan. Tutup dengan plastik wrap bening atau kantong kresek, lalu diamkan 90 menit.
2. Setelah adonan agak mengembang, tambahkan ragi, dan uleni lagi hingga kalis. Selanjutnya, masukkan sedikit demi sedikit minyak goreng, uleni hingga adonan tidak lengket.
3. Setelah adonan agak mulur, letakkan dalam loyang roti. Pastikan kamu sudah memberi alas kertas roti agar adonan tak lengket. Lalu tutup dengan serbet, dan diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
4. Sembari menunggu adonan mengembang, panaskan kukusan, dan masukkan adonan roti. Kukus selama 20-25 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
ADVERTISEMENT
Cara membuat selai srikaya:
1. Masak santan, gula, dan dua lembar daun pandan yang sudah diikat hingga tercampur rata menggunakan teflon. Sementara, blender dua lembar daun pandan sisanya dengan sedikit air sehingga menjadi pasta.
2. Dalam wadah terpisah, pecahkan dua butir telur kocok hingga rata. Dan, campur kocokan telur perlahan-lahan ke dalam adonan santan tadi.
4. Selanjutnya, tambahkan pasta daun pandan yang sudah disaring sebelumnya. Aduk hingga adonan selai mengental. Beri sedikit garam, dan aduk lagi hingga muncul gelembung, tanda selai srikaya telah matang.
Cara menghidangkan:
1. Ambil roti, potong sesuai selera. Lalu, belah dua roti yang sudah dipotong, dan isi dengan selai srikaya. Lakukan hingga semua potongan roti terisi selai. Sajikan selagi hangat sebagai menu sarapan maupun teman ngopi di rumah.
ADVERTISEMENT