Opini & Cerita14 September 2020 20:53

Les Horribles Cernettes, Gambar Hiburan Pertama di Internet

Konten kiriman user
Les Horribles Cernettes, Gambar Hiburan Pertama di Internet (173370)
Wikimedia Commons
Gambar seekor anjing dari Kevin Systrom, yang diunggah pada 17 Juli 2010, dikenal sebagai foto pertama yang pernah diunggah ke Instagram. Tak ayal, di media sosial lain, pasti ada cerita serupa, tentang gambar pertama yang diunggah di Facebook, Twitter, atau Friendster sekalipun. Tetapi, jauh sebelum media-media sosial ini bermunculan, bagaimana tentang gambar hiburan pertama di internet, siapa yang pertama kali mengunggahnya?
ADVERTISEMENT
Jawabannya, pastilah Les Horribles Cernettes.
Itu adalah foto yang membuka web untuk kehidupan,” kata Silvano de Gennaro, yang mengedit foto tersebut.
Ketika Silvano sedang mengeditnya pada tahun 1992, Tim Berners-Lee masuk ke kantornya. Pencipta World Wide Web (WWW) ini bertanya kepada Silvano, apakah ia bisa menggunakan foto unik itu untuk menguji fitur baru di World Wide Web. Silvano pun mengiyakan dan gambar empat orang wanita pun diunggah ke internet.
Versi pertama gambarnya amat kecil menurut standar saat ini, namun pada masa itu web masih tidak dapat menangani gambar berukuran besar. Silvano mengatakan bahwa gambar yang ia edit kemungkinan berukuran 120 x 50 piksel.

(Itu) seukuran prangko dan butuh waktu sekitar satu menit untuk muncul di layar Anda," ungkapnya.

Berdiri secara berurutan dari kiri dalam foto tersebut, adalah Angela Higney, Michele de Gennaro (istri Silvano), Colette Marx-Neilsen, dan Lynn Véronneau. Mereka membentuk kelompok musik bernama Les Horribles Cernettes, sebagai bagian dari Hardronic Festival.
ADVERTISEMENT
Acara tahunan itu diadakan di tempat kerja mereka, European Organization for Nuclear Research, atau lebih dikenal sebagai CERN. Di sini juga merupakan tempat kerja Silvano dan Berners-Lee.
Sebetulnya, jika kaidah yang dipakai ialah "gambar pertama yang diunggah ke internet", maka akan sangat sulit melacaknya. Sebagai permulaan, internet sudah ada sebelum web diciptakan. Pun ketika web mulai dibuat dan digunakan bagi fisikawan untuk berbagi data, data tersebut sering kali menyertakan gambar ilmiah. Jadi, ada banyak sekali gambar yang ada di web dan internet, yang hampir mustahil menelusuri mana yang pertama di antaranya.
Namun, jika kaidah yang dipakai ialah "gambar hiburan pertama yang diunggah ke internet", Les Horribles Cernettes layak disebut prionirnya. Karena semua gambar yang diunggah ke web sebelumnya bertujuan untuk hal teknis, sementara Les Horribles Cernettes menjadi satu-satunya yang diunggah untuk kesenangan semata.
ADVERTISEMENT
Referensi:
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white