3 Ekor Kambing Milik Warga Aceh Timur Mati Diduga Diterkam Harimau

Konten Media Partner
22 Februari 2023 20:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tiga ekor kambing milik warga Gampong Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan mati diduga akibat diterkam harimau. Foto: Dok. Polisi
zoom-in-whitePerbesar
Tiga ekor kambing milik warga Gampong Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan mati diduga akibat diterkam harimau. Foto: Dok. Polisi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tiga ekor kambing milik warga Gampong Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan mati diduga akibat diterkam harimau. Dua di antaranya mati dengan kondisi bagian tubuh yang terkoyak.
ADVERTISEMENT
"Benar kami memperoleh informasi dari petugas FKL (Forum Konservasi Leuser) bahwa ada kambing warga Peunaron Lama yang diduga dimakan oleh harimau," kata Kapolsek Serbajadi AKP Sudirman dalam keterangan tertulis Humas Polres Aceh Timur, Rabu (22/2).
Ia mengatakan, informasi adanya hewan ternak milik warga yang diduga dimangsa oleh satwa liar harimau diperoleh dari petugas FKL pada Selasa (21/2) sore kemarin. Ketiga ekor kambing tersebut milik Syahril (32 tahun), warga Gampong Peunaron Lama, Aceh Timur.
Sudirman menjelaskan, satu ekor kambing milik Syahril ditemukan mati di dalam kandang dan dua lainnya di samping kandang menuju area ladang dengan kondisi badan terkoyak.
Pihaknya sedang menunggu tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk dilakukan upaya penanganan.
ADVERTISEMENT
Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah mengimbau warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah, terutama ketika melakukan aktivitas di kebun.
"Hal paling mendasar kami sampaikan untuk tidak keluar rumah sendirian terlebih selepas matahari terbenam. Apabila mendengar suara harimau jangan tergesa-gesa menghampiri kandang," ujarnya.
Tak hanya itu, kata Rahmansyah, warga juga harus harus mengantisipasi kehadiran orang asing yang akan melakukan perburuan liar.
"Jika menemukan jejak harimau di dekat kandang ternak atau perkebunan, segera laporkan kepada kami untuk dikoordinasikan dengan pihak terkait," tutup Rahmansyah.