Harimau Serang Sapi di Aceh Timur, Polisi Ingatkan Warga Waspada

Konten Media Partner
27 Maret 2023 11:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sapi yang ditemukan penuh luka. Foto: Polisi
zoom-in-whitePerbesar
Sapi yang ditemukan penuh luka. Foto: Polisi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harimau diduga menyerang seekor sapi hingga mengalami luka di sekujur tubuhnya. Sapi masih dalam kondisi hidup ditemukan di Area Afdiling 1 Kebun PTPN Julok Rayeuk Selatan, Desa Panton Rayeuk Teungoh, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur pada Minggu (26/3).
ADVERTISEMENT
Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, melalui Kapolsek Banda Alam Iptu Saidir, mengatakan sapi tersebut milik Sofyanto (45 tahun) warga Gampong Panton Rayeuk Teungoh. Pertama kali ditemukan oleh warga bernama Sidi, saat berburu babi dengan menggunakan senapan di area kebun PTPN, melihat seekor sapi terbaring luka di pinggir jalan area perkebunan.
“Saksi (Sidi) mengecek ternyata ternak lembu tersebut baru saja diterkam oleh satwa liar jenis harimau. Selanjutnya Sidi melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak security PTPN. Memperoleh informasi adanya hewan ternak warga diserang harimau, anggota kami langsung menuju ke lokasi bersama dengan perangkat Desa Panton Rayeuk Teungoh,” kata Iptu Saidir dalam keterangannya dikutip acehkini, Senin (27/3/2023).
Selanjutnya, pemilik ternak diminta untuk segera mengevakuasi ternaknya ke pemukiman warga untuk mencegah kembalinya harimau.
ADVERTISEMENT
Atas kemunculan harimau tersebut, Kapolsek mengimbau kepada warga di sekitar perkebunan untuk tidak melepasliarkan hewan ternaknya untuk mengantisipasi kejadian serupa. Warga yang memiliki hewan ternak juga diminta untuk lebih waspada saat akan mengembala, serta lebih teliti terhadap kondisi kandang.
Dugaan sementara, satwa liar itu masih berkeliaran di sekitar lokasi dan sewaktu-waktu bisa saja kembali menimbulkan konflik di sekitar pemukiman.
"Kami dari Polsek Banda Alam selalu mengimbau dan sosialisasi kepada warga terkait adanya hewan liar (harimau), agar warga selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah atau berpergian, terutama pada saat malam hari," jelas Kapolsek Banda Alam. []