News
·
6 April 2020 13:41

Pasien Positif Corona di Aceh Tinggal Satu Orang

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Pasien Positif Corona di Aceh Tinggal Satu Orang (145039)
Tiga pasien yang dipulangkan dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Foto: Suparta/acehkini
Setelah 3 pasien positif virus corona di Aceh dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing pada Minggu (5/4/2020), kini tinggal AJ (60 tahun) sebagai satu-satunya pasien positif COVID-19 di Aceh.
ADVERTISEMENT
AJ masih dirawat di ruang Respiratory Intensif Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. “Dari hasil pemeriksaan ulang pada tenggorokan, (AJ) masih dinyatakan positif COVID-19,” kata Azharuddin, Direktur RSUDZA Banda Aceh, saat mengantar pasien yang telah pulih.
AJ adalah suami dari IF (60 tahun) satu-satunya perempuan positof COVID-19 di Aceh, yang telah dinyatakan sembuh. Dia telah dipulangkan dari rumah bersama 2 pasien lainnya, IB (60 tahun) dan YRP (23 tahun).
Kata Azharuddin, pasien AJ masih positif dimungkinkan terjadi karena respon imunitas tubuh atau antibodinya belum terbentuk dengan cukup baik. Penyebabnya karena ada penyakit penyerta lainnya.
Video
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengaku optimis bahwa dalam beberapa hari ke depan pasien AJ juga akan bisa pulang. “Insya Allah, pasien AJ juga akan segera pulang, karena perkembangan fisiknya sudah jauh lebih baik. Kita harapkan hasil swab akan segera keluar dan dinyatakan negatif,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Hanif menegaskan, meski yang sembuh telah dipulangkan, mereka tetap diimbau agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. “Jika ada keluhan medis, segera hubungi kami. Kepada bapak dan ibu yang hari ini pulang, terus jaga kesehatan dan biasakan pola hidup bersih dan sehat,” pesan Hanif kepada mereka.
Selain AJ sebagai satu-satunya pasien positif COVID-19 di Aceh, sesuai data terbaru jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 54 orang di seluruh Aceh. Meraka dirawat di beberapa rumah sakit, 2 di antaranya di RSUDZA Banda Aceh. Sementara jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Aceh sampai saat ini tercatat 1.228 orang. []
*kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT