Bola & Sports
·
3 Agustus 2021 21:20
·
waktu baca 1 menit

Pujian untuk Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Asal Aceh di Olimpiade Tokyo 2020

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Pujian untuk Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Asal Aceh di Olimpiade Tokyo 2020 (1064148)
searchPerbesar
Nurul Akmal, atlet angkat besi asal Aceh di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Instagram/nurulakmal_12
Lifter asal Aceh Nurul Akmal banjir pujian setelah finis di posisi lima besar cabang olahraga angkat besi kelas +87 kilogram putri di Olimpiade Tokyo 2020.
ADVERTISEMENT
Berlaga di Tokyo International Forum, Jepang, Senin (2/8/2021), Nurul Akmal menorehkan total angkatan 256 kilogram. Catatan tersebut didapat lifter berusia 28 tahun itu usai menorehkan angkatan snatch 115 kg serta clean and jerk 141 kg.
Meski tidak berhasil membawa pulang medali, tetapi prestasi lifter kelahiran 12 Februari 1994 yang menembus peringkat lima besar kelas +87 kg di Olimpiade Tokyo 2020 mendapat dukungan positif dari warganet. Nama Nurul Akmal seketika menjadi trending di media sosial Twitter.
Perjuangan lifter yang akrab disapa Amel itu mendapat pujian dari berbagai pihak. Gubernur Aceh Nova Iriansyah turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Nurul Akmal yang telah mengharumkan nama Aceh.
"Selamat & tksh atas prestasi yg membanggakan ananda Nurul Akmal. Kamu telah mengharumkan nama Aceh," tulis Gubernur Aceh di akun Twitternya sambil menyertakan foto Nurul Akmal mengangkat beban.
ADVERTISEMENT
Bagi Aceh, Nurul Akmal menjadi atlet perempuan pertama yang berhasil lolos ke ajang Olimpiade. Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Umum KONI Aceh M. Nasir Syamaun.
"Ia mengikuti jejak Alkindi, yang menjadi atlet Aceh pertama yang sukses meraih tiket Olimpiade Korea Selatan tahun 1988 lalu di cabang olahraga anggar," ujar Nasir.