News
·
5 April 2020 19:35

Video: Pesan dari Pasien Sembuh COVID-19 di RSUDZA Banda Aceh

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Video: Pesan dari Pasien Sembuh COVID-19 di RSUDZA Banda Aceh (52755)
IB (bersarung) satu dari tiga pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan dipulangkan dari RSUDZA Banda Aceh, Minggu (5/4). Foto: Suparta/acehkini
Matanya berkaca-kaca, suaranya parau, terputus lalu berhenti sejenak. Itulah gambaran emosi IB, pria berusia 60 tahun yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab tenggorokan dari Balitbangkes akhir Maret 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Hari ini, Minggu (5/4/2020), IB bersama dua pasien lain, yaitu YRP (23) dan IF (60) yang selama ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, telah dinyatakan negatif COVID-19 dan dipulangkan ke rumah masing-masing.
Pada saat serah terima dari tim medis RSUDZA kepada Dinas Kesehatan Aceh untuk dipulangkan ke rumahnya, IB menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada tim medis yang telah memberikan pelayanan dan penanganan terbaik sehingga dirinya dinyatakan sembuh.
Video: Pesan dari Pasien Sembuh COVID-19 di RSUDZA Banda Aceh (52756)
IB bersiap untuk pulang dari RSUDZA Banda Aceh setelah dinyatakan negatif COVID-19. Foto: Suparta/acehkini
"Terima kasih kepada tim medis. Alhamdulillah setelah mendapatkan perawatan, kondisi saya sudah cukup baik dan dinyatakan negatif COVID-19," ujarnya.
"Saya berterima kasih banyak kepada para dokter dan perawat yang telah merawat saya dengan begitu ikhlas, mudah-mudahan jadi amal," sambung IB.
ADVERTISEMENT
Seketika suara IB terputus, matanya berkaca-kaca. Mencoba menguasai keadaan, IB berhenti sejenak. Kemudian ia melanjutkan kata-katanya yang berisi pesan kepada masyarakat Aceh. (Simak selengkapnya dalam video di bawah ini)
Video
"Saya juga berpesan kepada masyarakat Aceh supaya menjaga diri dan keluarga serta mengikuti berbagai imbauan dan arahan yang dikeluarkan pemerintah, demi keselamatan kita, keluarga dan seluruh masyarakat Aceh. Tetap waspada dan berdoa kepada Allah agar kita semua Aceh terhindar dari COVID-19," kata dia.
"Kita harus yakin bahwa ini adalah bentuk ujian dari Allah. Allah ingin melihat apakah cobaan ini semakin membuat kita tawaduk atau justru berpaling dari Allah," ujar IB.
Apresiasi atas dedikasi dan kerja-kerja tim medis RSUDZA yang menangani pasien COVID-19 juga disampaikan oleh YRP. "Terima kasih kepada seluruh tim medis dan perawat. Kami dilayani dengan sangat baik selama menjalani perawatan di sini," sebutnya dalam video di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Video
Setelah proses serah terima, ketiganya kemudian dipulangkan ke kediaman masing-masing. Meski telah dinyatakan negatif COVID-19 dan diperbolehkan pulang, mereka diminta agar tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.
Per Minggu (5/4) pukul 15.00 WIB, setelah tiga pasien itu dinyatakan sembuh dan dipulangkan, saat ini tinggal satu pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di RICU RSUDZA Banda Aceh.