kumparan
28 April 2017 20:10

Kisah Oki Setiana Dewi Ikut Galang Dana Pembangunan Masjid di Spanyol

Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi (Foto: Munady)
Global Wakaf Foundation-Aksi Cepat Tanggap (ACT), Seville Mosque Foundation, dan Ukhwah for Ummah meluncurkan program A Tile for Seville, sebuah kegiatan penggalangan dana yang dilaksanakan untuk membangun sebuah masjid di Seville, Spanyol.
ADVERTISEMENT
Penggalangan dana tersebut melibatkan salah satu aktris asal Indonesia, Oki Setiana Dewi. Bagi Oki, pembangunan masjid di tengah-tengah kota Seville begitu penting.
Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi (Foto: Munady)
Apalagi, jumlah muslim di kota tersebut telah mencapai 25 ribu jiwa, dan tiap minggu jumlah mualaf terus bertambah. Namun, fasilitas untuk mereka beribadat, tidak tersedia di kota yang mereka huni.
"Mereka hanya punya musala kecil untuk 300 orang saja. Kedua, mualaf terus bertambah ketika saya dan kawan-kawan ke sana, ada 5 orang bersyahadat di depan mata kami," ujar Oki ketika ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (28/4).
Baca Juga:
ADVERTISEMENT
"Selama ini, mereka belajar dan mencari Islam yang sebenarnya, dan mereka menemukan bahwa Islam bukan agama yang seperti itu (teroris). Ketiga, mereka perlu masjid karena selama ini mereka sering menjamak salat, karena tempat salat enggak ada di universitas, enggak ada tempat salat di restoran. Kalau salat di public area, mereka dipandang aneh dan membahayakan," lanjutnya.
Pemain film 'Ketika Cinta Bertasbih' tersebut memiliki peran dalam menyuarakan penggalangan dana ke seluruh penjuru dunia. Salah satunya dengan ikut dalam pembuatan film dokumenter, yang menceritakan bagaimana berjayanya umat Islam di Spanyol pada masa lampau.
Launching Tile for Seville
Launching Tile for Seville (Foto: Munady)
"Kami buat 20 episode film, bikin video yang diupload di Youtube tiap minggunya. Supaya orang muslim seluruh dunia mau donasi untuk pembangunan masjid. Mereka (warga Seville), hingga kini belum punya uang buat beli tanah, kemudian mereka datang ke Indonesia untuk meminta bantuan, karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah Islam," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Rencananya, ibu dua anak ini akan mengajak rekan-rekan pekerja seni lainnya dalam mendukung rencana pembangunan masjid tersebut.
Loading Instagram...
"Tentu saja (mengajak rekan artis). Saya sering minta bantuan teman-teman untuk posting di Instagram. Rencananya mau minta bantuan ke teman-teman public figur juga," ucapnya.
Hingga kini, dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid tersebut sudah mencapai satu juta euro. Meskipun terlihat banyak, namun warga Seville masih butuh lebih banyak donasi lagi agar impian mereka selama ini bisa tercapai.
"Harga tanah di sana mahal sekali, bisa sampai 9 juta euro. Saat ini sudah terkumpul sekitar satu juta euro, masih butuh lagi jumlah yang sangat banyak, butuh berjuta-juta euro untuk membangunnya," tutup Oki.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan