kumparan
search-gray
Tekno & Sains13 September 2017 1:07

Bukan iPhone 7s, Ponsel Baru Apple itu Bernama iPhone 8 dan 8 Plus

Konten Redaksi kumparan
Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Satu dekade setelah Steve Jobs meluncurkan iPhone generasi pertama, Apple telah menetapkan untuk memperkenalkan generasi terbaru iPhone yang mengalami perubahan besar.
ADVERTISEMENT
Tetapi kita belum melihat adanya perubahan besar terjadi kali ini, setidaknya pada produk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang diluncurkan oleh CEO Apple, Tim Cook, dalam acara spesial yang digelar di Steve Jobs Theater di kantor pusatnya, Apple Park, di Cuppertino, California, AS, pada Selasa (12/9).
Update: Perubahan besar lini ponsel Apple dimaksimalkan pada produk baru: iPhone X, yang dibaca iPhone Ten. Baca selengkapnya tentang iPhone X di tautan ini.
Kehadiran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memperjelas semua spekulasi yang menyatakan Apple di tahun ini tidak memakai penambahan huruf "S" di bagian belakang seri ponsel, sehingga seri penamaan iPhone 7s dan iPhone 7s Plus, resmi dilompati.
iPhone 8 merupakan ponsel dengan ukuran layar 4,7 inci dan dibekali kamera tunggal di belakang. Sementara iPhone 8 Plus mengusung layar 5,5 inci dengan kamera ganda di belakang. Tentu saja kamera ini mengalami peningkatan besar.
ADVERTISEMENT
Kita mungkin agak sedikit menyayangkan keputusan Apple yang tidak melakukan perubahan desain pada produk ini, karena iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki desain yang sama seperti produk di tahun 2014 lalu, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Desain ini sungguh membosankan, dan semoga iPhone 8 adalah lini terakhir yang memakai desain itu.
Kesamaan dari generasi sebelumnya, juga masih meniadakan jack audio 3,5mm yang sama seperti iPhone 7 dan 7 Plus.
Pembaruan pada desain iPhone 8 sedikit terjadi di bagian bekalang yang tak lagi pakai material aluminium, dan telah diganti oleh kaca. Warnanya juga baru, yang sekarang adalah space grey, silver, dan emas.
Peluncuran iPhone 8
Peluncuran iPhone 8 (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Mengisi Daya Baterai Secara Nirkabel
ADVERTISEMENT
Pembaruan lain yang baru dimiliki keluarga iPhone 8 dan iPhone X, adalah kemampuan mengisi daya baterai secara nirkabel. Langkah ini membawa Apple pada komitmen untuk membangun ekosistem wireless charging dengan standar pengisian Qi. Dengan begini, konektor Lightning pada iPhone bisa dimaksimalkan untuk kabel earphone.
Pengisian daya nirkabel di iPhone 8 maupun iPhone X terlihat serupa dengan metode pada ponsel lain. Cukup letakkan ponsel di stasiun pengisian daya nirkabel, maka proses pengisian sudah dimulai.
Pada kesempatan ini Apple juga menyediakan stasiun pengisian daya nirkabel ukuran besar bernama AirPower yang bisa mengisi daya tiga perangkat sekaligus, seperti iPhone, Apple Watch, dan AirPods.
Untuk urusan dapur pacu, Apple mempercayakan prosesor A11 Bionic enam inti 64-bit dipakai pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Prosesor grafis yang disempatkan dirancang agar 30 persen lebih cepat.
Peluncuran iPhone 8
Peluncuran iPhone 8 (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
ADVERTISEMENT
Kamera
iPhone 8 memiliki sensor kamera belakang 12 megapixel yang akhirnya memiliki optical image stabilization. iPhone 8 Plus yang juga mengusung resolusi 12 megapixel pun punya sensor baru, dengan menawarkan lensa bukaan f/1.8 dan f/2.8.
Apple membawa fitur baru Portrait Lighting yang akan menyesuaikan pencahayaan untuk pengambilan gambar potret. Koreksi kualitas gambar ini disebut Apple juga diterapkan pada video.
Sementara untuk kemampuan video, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus disebut bisa merekam video 4K / 60fps. Lalu untuk slow motion video sekarang menduku resolusi 1080p pada 240fps.
Masih di sektor kamera, Apple menggembar-gemborkan iPhone 8 sebagai ponsel pintar pertama yang dirancang untuk aktivitas augmented reality (AR) dengan kamera yang dikalibrasi untuk AR, bersama dengan giroskop dan akselerometer baru agar pelacakan gerak lebih baik.
ADVERTISEMENT
Video
Harga dan Ketersediaaan
iPhone 8 tersedia dalam pilihan memori internal 64 GB dan 256 GB, yang masing-masing dijual 699 dolar AS (sekitar Rp 9,2 juta) dan 849 dolar AS (Rp 11,2 juta). Sementara untuk iPhone 8 Plus dijual 799 dolar AS (Rp 10,5 juta) untuk pilihan memori internal 64 GB dan 949 dolar AS (Rp 12,5 juta) untuk pilihan memori 256 GB.
Keduanya akan tersedia untuk pemesanan pada 15 September mendatang lalu tanggal penjualan sepekan kemudian, tepatnya 22 September 2017. Kita belum mengetahui sejauh ini kapan keduanya bakal masuk ke Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white