Mahasiswa KKNT STKIP PGRI Ponorogo Mengabdi dengan menjadi Relawan Vaksinasi

Agus Setiawan, berkarya di humas STKIP PGRI Ponorogo. Menulis esai, opini, dan artikel di media cetak dan elektronik. Tergabung dalam komunitas literasi Sutejo Spectrum Center (SSC) dan tim penggerak di Sekolah Literasi Gratis (SLG).
Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 14:23
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Agus Setiawan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dok, Mahasiswa KKNT Desa Tegalrejo
zoom-in-whitePerbesar
Dok, Mahasiswa KKNT Desa Tegalrejo
ADVERTISEMENT
Matahari mulai menyinari, tepat pukul 08.00 WIB rombongan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) 2022 STKIP PGRI Ponorogo beriringan menuju kantor kecamatan Pulung, kemarin, 24/01/22. Delapan desa di Kecamatan Pulung tahun ini terpilih sebagai tempat KKNT, salah satunya desa Tegalrejo. Sebanyak 14 mahasiswa akan ber-KKN di desa tersebut sejak 24 Januari hingga 19 Februari 2022.
ADVERTISEMENT
Kedatangan mahasiswa mahasiswa KKNT desa Tegalrejo sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Rombongan mahasiswa tersebut disambut oleh kegiatan vaksinasi. Vaksinasi yang dihelat di Balai Desa Tegalrejo ini diselenggarakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Pulung dibantu oleh Bidan Desa, ibu-ibu PKK, serta Bhabinkamtibmas.
Keterlibatan mahasiswa KKNT ini bermula dari ajakan perangkat desa Tegalrejo. Agus Pujiono, kepala desa Tegalrejo merasa senang sekali ada yang KKNT di desa tersebut. Pasalnya sudah lama tidak ada KKNT yang digelar di desa Tegalrejo.
“Dengan adanya mahasiswa KKNT ini saya berharap para mahasiswa dapat menyeimbangkan antara kemampuan mahasiswa dengan potensi yang ada di desa Tegalrejo. Mari bekerjasama, saling membantu. Intinya saya sangat senang dengan kehadiran teman-teman mahasiswa,” ungkap kepala desa Tegalrejo.
ADVERTISEMENT
Dendi Catur, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2018 selaku ketua KKNT Desa Tegalrejo mengungkapkan siap berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “KKNT adalah salah satu medan untuk mengabdi terhadap masyarakat. Saya dan teman-teman KKNT desa Tegalrejo siap mengabdi sepenuhnya untuk masyarakat sekitar,” ungkap mahasiswa yang akrab dipanggil Dendi itu.
Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00-12.00 WIB itu menyediakan kurang lebih 300 kuota. Jenis vaksinasi kali ini adalah Sinovac dan Pfizer. Untuk sasarannya, masyarakat di tiga dukuh di desa Tegalrejo, yaitu Dukuh Sawur, Dukuh Mendak, dan Dukuh Tegalrejo. Sasaran utamanya bukan hanya remaja saja, namun juga lansia dan Pra-lansia.
Puskesmas Kecamatan Pulung menyambut riang kehadiran mahasiswa KKNT di desa Tegalrejo. Pihaknya bersama masyarakat desa merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa. “Terima kasih karena sudah dibantu. Nanti akan ada kegiatan vaksinasi di Sekolah Dasar sekitar sini. Dan kami, sangat memerlukan bantuan Anda semua,” ungkap perempuan yang biasa dipanggil bu Bidan itu.
ADVERTISEMENT
Ajeng Puri Lestari, salah satu anggota KKNT mengaku ini adalah pengalaman pertamanya menjadi relawan vaksinasi. Pihaknya menambahkan, dengan menjadi relawan ia bisa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang tentu sangat berkesan, seperti bertugas pada bagian absen vaksinasi.
“Di sini saya mendapatkan pengalaman baru yang berbeda. Tadi saat kegiatan vaksinasi saya bertugas cek tensi. Ini sungguh luar biasa,” tambah Krisna, mahasiswa KKNT desa Tegalrejo dari Pendidikan Bahasa Jawa.
Selain Ajeng dan Krisna, mahasiswa KKNT yang lain juga terlibat dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Ada yang bertugas mengarahkan orang yang baru datang, jaga absen, dan memanggil peserta vaksinasi.
Setelah kegiatan vaksinasi selesai, dilanjutkan dengan acara serah terima peserta KKNT dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke Kepala Desa Tegalrejo, bapak Agus Pujiono. Dalam moment serah terima tersebut, Zainul Arifin selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 6 desa Tegalrejo mengucapkan terima kasih kepada segenap perangkat desa Tegalrejo yang telah menerima mahasiswa KKNT dengan sangat baik. Ia juga memberikan wejangan agar mahasiswa senantiasa bersikap baik dan mampu memanfaatkan moment KKNT ini untuk belajar bermasyarakat.
ADVERTISEMENT
“Manfaatkan KKNT ini sebagai medan belajar perihal hidup dan kehidupan. Dan, jangan lupa, mahasiswa KKNT sebagai tamu dilarang untuk berbuat neko-neko. Bersikap baiklah terhadap semua orang, utamakan sopan santun,” ungkapnya mewanti-wanti.
Kegiatan vaksinasi yang dilanjut serah terima mahasiswa KKNT berakhir pukul 12.00 WIB. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.
Pewarta/Ajeng Puri Lestari, Mahasiswa KKNT Desa Tegalrejo
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·