Tur Dengan Bersepeda, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Mahasiswa, Universitas Bina Nusantara
Konten dari Pengguna
28 Januari 2022 13:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Albert Tedjananda tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tur Dengan Bersepeda, Apa Saja yang Perlu Disiapkan? (20947)
zoom-in-whitePerbesar
Touring Jakarta Anyer dengan jarak 150KM Sumber: Dokumen Pribadi
ADVERTISEMENT
Jakarta – Dengan adanya pandemic covid 19 banyak masyarakat yang bekerja dari rumah, hal ini membuat makin banyak masyarakat yang ingin berolahraga, salah satu kegiatan yang banyak digemari adalah bersepeda. makin banyak masyarakat yang menyukai olahraga ini, dalam bersepeda jarak yang tempuh tentunya akan makin bertambah berikut beberapa tips menurut pengalaman saya jika kalian ingin menempuh jarak yang cukup jauh atau touring yang dilakukan. Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang memerlukan rutinitas jika kita ingin bersepeda dengan jarak yang jauh.
ADVERTISEMENT
Berikut tip-tip yang akan saya berikan.
1. Persiapan fisik
Persiapan fisik yang dimaksud adalah pembiasaan diri dengan bersepeda dalam waktu yang cukup dan juga kecepatan yang kita mampu, selain itu fisik juga dimaksud dengan waktu istirahat yang cukup, sebaiknya sebelum pergi jauh dengan bersepeda, menurut Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai sembilan jam per malam. Jika kurang dari waktu tersebut disarankan agar tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat seperti bersepeda jarak jauh ini.
2. Carbs loading ( mengisi karbohidrat)
Sangat penting melakukan carbs loading karena ketika kita melakukan kegiatan bersepeda kita membakar banyak kalori yang ada di dalam tubuh, menurut penelitian yang dilakukan Rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari, sementara wanita dewasa biasanya butuh sekitar 2.000 kalori. agar ketika kita berpergian jauh tidak mengalami kelaparan atau merasakan tenaga yang habis, Carbs loading sangat disarankan untuk dilakukan. Pada malam hari sebelum kita melakukan tur dengan sepeda kita , dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi karbohidrat dan juga serat. Contoh makanan tersebut seperti singkong, Nasi dengan lauk. Jangan lupa juga protein yang dibutuhkan tubuh seperti dada ayam. Pembakaran kalori tersebut juga kembali lagi kepada intensitas kita menurut penelitian yang dilakukan, untuk kecepatan 30km/jam bobot 60 kg sudah kehilangan 708 kalori. Selama satu jam, sedangkan dengan berat 80 kg dan 90 kg sudah membakar kalori sebanyak 981 kalori dan 1.117 kalori.
ADVERTISEMENT
3. Melakukan servis
Sebelum berpergian jauh alangkah baiknya kita menservice sepeda yang kita miliki agar ketika dalam perjalanan meminimalisir terjadinya kerusakan pada sepeda sehingga perjalanan terganggu, dengan menservice sepeda kita membuat sepeda kembali ke dalam kondisi prima sehingga siap untuk perjalanan yang akan kita tempuh.
4. Persiapan perjalanan
Hal ini dimaksud dengan perlengkapan yang dibawa ketika di perjalanan, seperti Bidon / botol air minimal 2, gel suplemen ,dan juga barang pribadi (KTP, kartu Asuransi, Handphone, dan juga uang cash). Gel suplemen yang ada berbagai macam rasa, namun menurut saya lebih baik memilih gel yang memiliki kandungan kafein. Dan juga jangan lupa untuk membawa Toolkit Atau kunci kunci yang ringkas untuk menghadapi masalah di perjalanan.
ADVERTISEMENT
Berikut saran yang saya miliki untuk menghadapi perjalanan jauh dengan bersepeda, biasanya bersepeda dengan grup akan ada ajakan untuk melakukan tur dengan sepeda .
dengan diadakannya tur bersama grup sepeda maka jiwa kekeluargaan dalam grup tersebut akan makin erat dan makin mengenal satu sama lain.
Sumber:
https://kesehatan.kontan.co.id/news/olahraga-sepeda-membakar-kali-berapa-ini-rinciannya?page=all
https://www.alodokter.com/begini-cara-menghitung-kebutuhan-kalori-per-hari
https://hellosehat.com/pola-tidur/tip-tidur/rutin-olahraga-atau-cukup-tidur/
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020