kumparan
KONTEN PENGGUNA
4 Mei 2019 12:53

Enterprenuer Modal Jempol dengan Aplikasi Mediv by Kimia Farma

Di zaman Now seperti sekarang segala transaksi perdagangan secara daring (online) kini sudah semakin menjamur di Indonesia. Sebagai begara yang berkembang memang masyarakat termasuk gue kebanyakan memanfaatkan toko jual beli online (marketplace) karena memberikan kemudahan dan kepraktisan.
ADVERTISEMENT
Nah, melihat hal tersebut PT Kimia Farma (Persero)Tbk atau Kimia Farma meluncurkan aplikasi Mediv sebagai bentuk media platform digital miliknya. Aplikasi Mediv tersebut sebagai wujud inovasi industri di era perkembangan teknologi.
IMG-20190429-WA0153-01.jpeg
Foto: Istimewa - Berfoto dengan Frame lucu di Photobooth Grand Launching Mediv, 29 April 2019
Pada hari senin enin (29/4), gue dan temetemen gue hadir ke peluncuran aplikasi Mediv yang dilaksanakan di Ice Palace Lotte Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan. Mulai registrasi
Oh iya, FYI nih gengs. Mediv adalah sebuah platform e-commerce online yang dapat di unduh di Play Store (android) dan diakses melalui laman www.mediv.co.id. Keunggulan Mediv terletak pada kemudahan pendaftaran sebagai mitra dengan modal minimum dan tanpa gudang, pemberian asuransi bagi pelanggan, dan mediv screen, serta Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pelanggan bisa seperti sedang berbelanja di toko offline karena tampilannya yang tiga dimensi (3D). Selain itu, produk-produk kesehatan yang ditawarkan di Mediv sudah pasti lengkap karena Mediv diluncurkan oleh PT Kimia Farma (persero) Tbk. Bahkan produk tersebut tidak hanya terbatas pada obat-obatan saja loh, melainkan juga alat kesehatan dan produk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Acara peluncuran aplikasi di mulai dari sambutan CEO PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Bapak Honesti Basyir menjadi pembuka peluncuran aplikasi Mediv. Dalam sambutannya Honesti Basyir mengatakan, bahwa Kimia Farma masuk ke dunia digital agar bisa mengikuti perubahan yang disebabkan disrupsi dalam dunia teknologi. "Kami berharap Mediv menjadi terobosan di industri kesehatan dan dapat membantu masyarakat yang memiliki jiwa berbisnis namun masih memiliki kendala modal," kata Honesti Basyir.
IMG_20190429_192028.jpg
Foto: Istimewa - Talkshow Bisnis dengan jari dengan beberapa narasumber
Lanjut ke acara selanjutnya itu talkshow "Binis Modal Jari" dengan dua narasumber yaitu Lizzie Parra (Beautypreneur Founder & CEO of BLP (By Lizzie Parra) Beauty) dan Wisnu Dewobroto (founder Gajah Mungkur Group).
Pada sesi pertama talkshow, Pak Honesti mendapatkan giliran pertama untuk menjelaskan tentang Mediv. Kalian mesti tahu kalau Mediv diluncurkan dalam dua desain:
ADVERTISEMENT
  1. Mediv Screen
Display Mediv yang terdapat di berbagai apotik Kimia Farma. Kini baru terdapat 50 display di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor. Nantinya display-nya akan disediakan di 1200 apotik Kimia Farma di seluruh Indonesia.
  1. Mediv App
Aplikasi Mediv yang berupa virtual store di mana pengguna bisa bertransaksi seperti di offline store alias melihat barang-barang dalam wujud 3 dimensi.
Selanjutnya giliran kak Lizzie Parra untuk berbicara. Kak Lizzie berbagi ceritanya ketika ia membangun bisnis kosmetik miliknya, BLP. Kak Lizzie mengaku bahwa sebelum terjun ke dunia bisnis, ia memang sudah menyukai dunia art. Bagi Kak Lizzie, make up adalah bagian dari art. Alasan inilah yang membuat Lizzie semangat dan optimis untuk menekuninya. "Sebelum terjun di dunia bisnis, saya bekerja di salah satu cosmetic company. Di sana saya belajar banyak hal terutama beauty itu sendiri. Setelah dipikir-dipikir, berbisnis ternyata seru dan menyenangkan karena dunia marketing dan PR juga adalah hal yang saya suka. Dari situlah saya memiliki ide untuk membuat produk lokal yang mengusung hal yang unik." dan dilanjutkan dengan "Aplikasi Mediv ini membantu orang-orang untuk memulai bisnisnya. Apalagi, karena Kimia Farma merupakan brand yang terpercaya, jadi produk yang dijual tidak akan salah," tutur Kak Lizzie.
ADVERTISEMENT
IMG_20190429_193539.jpg
Foto: Istimewa - Pak Wisnu berbcara tentang inovasi.
Dan yang terakhir berbicara adalah Bapak Wisnu Dewobroto. Pak Wisnu sangat mengapresiasi terobosan Kimia Farma meluncurkan aplikasi Mediv. Menurut pak Wisnu, Kimia Farma melahirkan Mediv di saat momen yang paling tepat. Mengapa demikian? Pak Wisnu melihat pada saat ini kita akan berada di wave of innovation yang baru, di mana masyarakat modern semakin peduli dengan kesehatan. Contohnya, Car Free Day (CFD) atau run event yang selalu ramai.
"Jadi, kesehatan akan menjadi new trend di era berikutnya," ujar Wisnu.
Aplikasi Mediv akan menyediakan alat kesehatan yang akan semakin dibutuhkan ke depannya. Kimia Farma juga menunjukkan bagaimana cara perusahaan tersebut survive di zaman sekarang. Beberapa di antaranya adalah inovasi, generasi yang baru (melek teknologi), hingga kolaborasi.
ADVERTISEMENT
Setelah Sesi Talkshow selesai diadakan games seru dengan mengajak para tamu undangan untuk membentuk 1 Tim dengan berisikan anggota sebanyak 5 orang yang memiliki kata: MEDIV, INOVATION, LEADING, CARE dan HEALTH. Dan gue bersyukur bisa ikutan dalam games kali ini. Alhasil kelompok gue berhasil menjadi pemenang dalam games kali ini dan mendapatkan MedivCash sebesar Rp. 1.250.000,- untuk 5 orang. Lumayan euy MedivCash Rp. 250.000,- ya kan? Hehehe
Foto: https://www.instagram.com/mediv.id/
Dan puncak acara adalah Peluncuran Aplikasi Mediv. Aplikasi Mediv telah resmi diluncurkan. Dilanjutkan dengan berfoto bersama oleh para jajaran direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk sebagai simbol telah diluncurkannya aplikasi Mediv. Saat peluncuran, Komisaris Utama Untung Suseno Sutarjo mengatakan, tahun ini adalah waktu yang tepat untuk Kimia Farma - selaku BUMN yang telah menyediakan berbagai produk farmasi untuk keluarga Indonesia sejak tahun 1817 silam - melakukan inovasi.
ADVERTISEMENT
Nah, bagaimana guys? Aplikasi Mediv di samping menambah penghasilan, kita bisa menjadi para Mitranya. Jangan khawatir para mitra Mediv akan memperoleh kemudahan untuk menjual produk-produknya. Hampir tidak memerlukan modal, para mitra Mediv juga tidak perlu menyediakan ruangan atau gudang untuk menyimpan stok barang sebab barang pesanan akan langsung dikirim ke konsumen setelah transaksi berhasil dilakukan. Untuk menjadi mitra Mediv, masyarakat hanya perlu melakukan pendaftaran pada situsweb mediv.co.id. Masyarakat yang ingin berbisnis melalui Mediv dapat mengunduh aplikasi Mediv yang saat ini tersedia di Play Store (aplikasi Android). Para mitra dapat menemukan kemudahan akses, penggunaan, dan transaksi. Produk-produk yang disajikan juga ditampilkan secara 3D selayaknya berbelanja secara konvensional. Untuk melakukan pemesanan, konsumen cukup memilih barang yang diinginkan. Selanjutnya, pesan dan isi alamat lengkap. #BisnisModalJempol
ADVERTISEMENT
Cuss jangan lupa cek instagramnya MEDIV untuk mendapatkan info-info yang menarik
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan