Masjid Keumala Pidie, 'Kembaran Kecil' Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Konten Media Partner
25 Oktober 2019 8:42 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Masjid Keumala Pidie. Foto: Suparta/acehkini
zoom-in-whitePerbesar
Masjid Keumala Pidie. Foto: Suparta/acehkini
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, masjid termegah di Aceh ternyata punya kembarannya dalam ukuran yang lebih kecil. Masjid Raya Keumala namanya, terletak di Gampong Jijiem, Kecamatan Keumala, Pidie, atau sekitar 135 kilometer dari Kota Banda Aceh.
ADVERTISEMENT
Masjid Raya Keumala dibangun persis seperti konsep Masjid Raya Baiturrahman, tampilannya sama tetapi hanya ada lima kubah dengan dua menara, kurang dua kubah dari tiruannya.
Bagian dalam Masjid Keumala. Foto: Suparta/acehkini
Ukurannya hanya 1.600 meter persegi, berdiri di atas lahan sekitar 1 hektare berdampingan dengan beberapa bangunan lainnya, seperti meunasah, bangunan kantor, dan sebuah kolam yang airnya tak pernah kering sejak dulu kala.
“Masjid baru ini mulai dibangun sejak 2013, di atas tapak masjid lama yang telah dirubuhkan,” kata Jakfar AR, Keuchik (kepala desa) Jijiem kepada acehkini, Jumat (25/10).
Kolam di samping masjid. Foto: Suparta/acehkini
Masjid lama yang telah dirubuhkan telah ada di sana sejak tahun 1960-an. Juga ada meunasah di sana yang juga telah direnovasi beberapa kali. Sementara bangunan masjid yang ada sekarang, belum sepenuhnya rampung, beberapa bagian masih dalam tahap pengerjaan.
ADVERTISEMENT
Di samping masjid, ada kolam yang tak pernah kering airnya. Kolam ini dulunya hanya sebuah sumur yang kemudian diperluas untuk kebutuhan air wudhu bagi jemaah. Sumur tua ini telah ada sejak jaman kerajaan Aceh. “Kolam ini tak pernah kering, karena ada mata air di bawahnya,” kata Jakfar.
Kini, anak-anak memanfaatkan kolam ini sebagai tempat mandi. []
anak-anak di Masjid. Foto: Suparta/acehkini
Kotak amal pembangunan masjid. Foto: Suparta/acehkini
Tiang-tiang bagian dalam Masjid Keumala, juga mencontoh Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Foto: Suparta/acehkini
Ukiran di bagian luar masjid. Foto: Suparta/acehkini
Kolam dan meunasah dalam kompleks masjid. Foto: Suparta/acehkini