Zubair bin Awwam, Sahabat dan Pembela Nabi Muhammad SAW

All about hijab.
Konten dari Pengguna
9 Juni 2020 13:06
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Zubair bin Awwam, Sahabat dan Pembela Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi pembela Nabi Muhammad SAW. Foto: Pixabay

Di antara sahabat Nabi Muhammad SAW yang masuk dalam kelompk orang pertama masuk Islam, nama Zubair bin Awwan termasuk tujuh orang pertama dalam kelompok itu. Namanya sangat terkenal sebagai pejuang tangguh. Dia pula termasuk dalam sepuluh orang sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga.

ADVERTISEMENT

Zubair bin Awwam adalah sepupu dari Nabi Muhammad SAW. Ibunya merupakan bibi dari Nabi Muhammad SAW yang bernama Shafiyyah binti Abdul Muthalib. Masuknya Zubair dalam ajaran Islam menimbulkan kemarahan bagi kaum kafir Quraisy, bahkan pamannya pernah menggulung badannya dengan tikar yang dipanaskan dengan api supaya Zubair kembali ke agama nenek moyangnya. Tapi, dengan tegas Zubair sangat yakin dengan keyakinannya menjadi Muslim, "Aku tidak akan kembali kepada kefukuran selamanya."

Beliau adalah orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah SWT. Tapi, dia juga dikenal sebagai pembela Nabi Muhammad SAW. Bagaimana bisa?

Saat itu, ketika terjadi perang Hunain, Zubair bin Awwam melihat pimpinan musuh yang bernama Malik bin Auf melarikan diri sendirian. Di sisi lain, pasukan yang dipimpin Zubai dalam keadaan tersedak, tapi dengan penuh keberanian Zubair menyerbu pasukan musuh dan membuat mereka kewalahan.

ADVERTISEMENT

Perjuangan Zubair menumbuhkan rasa cinta dan bentuk penghargaan dari Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Setiap nabi mempunyai pembela, dan pembelaku adalah Zubair bin Awwam."

Zubair bin Awwam menjadi pembela Nabi Muhammad SAW karena keinginannya untuk berkorban dan berjuang di jalan Allah SWT.

Sosok Zubair juga dikenal sebagai pribadi yang memiliki pendirian teguh dan selalu menepati janji. Perbuatannya selalu sesuai dengan perkataannya. Ia selalu bertindak membela kebenaran. Begitulah sedikit kisah dari seorang pembela Nabi Muhammad SAW.