Otomotif
3 Juni 2020 12:59

Honda BeAT dan Vario Bekas Mulai Hilang Pamor, Kenapa?

Honda Beat bekas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Tren pembeli motor bekas selama pandemi corona bergeser. Motor matik entry level --seperti Honda BeAT, Yamaha Mio, Honda Scoopy, dan Honda Vario-- yang sebelumnya banyak dicari, kini mulai hilang pamor.

"Yang kayak gitu kurang, nanggung, sekarang (seleranya suka) Yamaha Lexi, Aerox, atau NMax kan luas dan gede, dilihatnya mewah," ujar Fadjar, penggawa diler motor bekas Istana Makmur Motor kepada kumparan, Selasa (2/6).

Yamaha Aerox dan Honda Vario bekas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Makanya diler yang berpusat di Ciledug, Tangerang, itu lebih getol menjajakan ketiga motor yang disebutkan itu.

Momon, karyawan Dika Motor di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan, juga mengamini bahwa ada pergeseran permintaan di pasar motor bekas.

"Ya sebenarnya ada aja yang nyari, bangsa Rp 7 sampai 8 jutaan, cuma kebanyakan ya ngincernya di atas itu kayak NMax, PCX, Aerox, kalau ADV150 masih belum sih ya," jelasnya dihubungi terpisah.

Yamaha NMax bekas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Lanjut Fadjar, umpama punya kocek Rp 10 juta, pembeli lebih mempertimbangkan model yang lebih wah, berdimensi agak besar, akomodasi bagasi luas, dan fitur kekinian minimal power oultet.

Misalnya Honda Vario 2016 Rp 8,5 juta. Lalu ada Yamaha FreeGo 2019 yang dijual Rp 10,5 jutaan, sudah barang tentu pilihan jatuh ke model kedua yang disebutkan.

Yamaha NMax, Yamaha Lexi, dan Honda ADV150 di bursa motor bekas. Foto: dok. Istana Makmur Motor

Perbandingan lainnya seperti all new Honda BeAT bekas lansiran 2020 yang dilego Rp 13,5 juta. Sementara ada juga Yamaha Lexi dengan banderol dan tahun produksi serupa, maka setelah ditambah sedikit lagi uang yang dimiliki, pembeli lebih memilih Lexi.

"Makanya paling laris Yamaha Lexi harga di bawah Rp 14 juta, bulan kemarin hampir 10 unit sold dibayar cash. Atau Aerox 2019 harga 15 jutaan," tambahnya lagi.

Motor bekas. Foto: dok. Istana Makmur Motor

Menurut Fadjar imbas corona yang membuat harga jual motor bekas anjlok, menjadi momentum orang-orang yang mengincar matik mewah alias skutik bongsor membelinya sekarang ini.

"Intinya motor bekas berdasarkan cc (kapasitas mesin), bagasi, kelas, dan tampilan mewah," tutup Fadjar.

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

*****

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.

loading...

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan