Otomotif

Mulai Jualan Lagi, Kia Kembali Gabung ke Gaikindo

Logo Kia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Kia resmi membuka keran bisnisnya di Indonesia pada November 2019 usai diambil alih PT Kreta Indo Artha, perusahaan joint venture PT Indomobil Sukses Internasional dan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya. Merek asal Korea Selatan itu dikabarkan juga akan kembali menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kia pun bakal kembali aktif mengikuti gelaran tahun Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 setelah absen pada tahun 2019. Marketing & Development Division Head KIA Ario Soerjo, membenarkan hal tersebut.

"Sudah (akan jadi anggota), lagi proses pendaftaran PT Kreta Indo Artha," kata Ario Soerjo saat peluncuran Kia Seltos di Jakarta belum lama ini.

Namun, Ario tidak menyebutkan secara pasti kapan PT Kreta Indo Artha resmi menyandang nama sebagai anggota Gaikindo. kumparan pun mencoba mengonfirmasi ke Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi.

"(Kia) Sudah masukin form pendaftarannya dan segera diproses agar bisa menjadi anggota Gaikindo lagi, Februari juga sudah beres," ujar Nangoi saat dihubungi kumparan, Rabu (22/1).

Menurut Nangoi, Kia sudah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi anggota Gaikindo. Nangoi juga memastikan keseriusan Kia yang kini berdiri di bawah Indomobil.

"Saya rasa mereka (Kia) akan berusaha mati-matian (mempertahankan penjualan), apalagi sekarang ada di bawah Indomobil Group ya," katanya.

Soal investasi Kia di Indonesia, Nangoi menyebut belum ada pembicaraan ke arah sana, termasuk rencana membuka pabrik perakitan di Tanah Air.

"Terus terang saya belum ada pembicaraan panjang lebar mengenai investasi, tapi yang jelas mereka sudah bicara untuk jadi anggota Gaikindo lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Kia di bawah naungan PT Kia Motors Indonesia keluar dari keanggotaan Gaikindo pada Maret 2018. Kia pun juga absen di gelar GIIAS 2019 karena disibukkan dengan proses restrukturisasi dari PT Kia Motors Indonesia ke PT Kreta Indo Artha.

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan