Coober Pedy Hingga Matmata, Ini 5 Kota Bawah Tanah Terunik di Dunia

20 Juli 2020 7:09

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Coober Pedy Hingga Matmata, Ini 5 Kota Bawah Tanah Terunik di Dunia
Matmata, pemukiman bawah tanah unik di Tunisia Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT

Mendengar kota bawah tanah pasti yang terlintas di benakmu adalah Coober Pedy yang ada di Australia, atau Matmata di Tunisia? Ya, dua kota bawah tanah tersebut memang memiliki keunikannya masing-masing.

ADVERTISEMENT

Tapi, tahukah kamu ada beberapa kota bawah tanah lainnya yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Mulai dari kota yang dibangun warganya untuk terhindar dari panas ekstrem hingga kota bawah tanah yang jadi tempat perlindungan perang nuklir. Ternyata ada beberapa kota bawah tanah terunik di dunia, lho

Di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Coober Pedy, Australia

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Wisatawan yang sedang menikmati Kota Coober Pedy Foto: Shutter Stock

Coober Pedy merupakan kota terletak di bagian utara Australia Selatan, tepatnya 850 kilometer (km) dari Adelaide.

Sebenarnya tak semua bagian kota ini berada di bawah tanah, hampir separuh bagian lainnya tetap berada di darat. Hanya saja, setengah penduduk lainnya memutuskan untuk hidup di bawah tanah, di gua-gua yang luas dan terowongan yang mereka sebut 'dugouts'.

ADVERTISEMENT

Bukannya tanpa alasan, hal ini dikarenakan suhu ekstrem di kota ini yang sangat panas. Saking panasnya, suhu di kota ini bisa mencapai 40 derajat celsius.

Karena itu, penduduk Coober Pedy membangun kota mereka di bawah tanah. Bahkan, sama seperti kota lainnya, kota bawah tanah ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti perpustakaan, tempat ibadah, hotel, restoran, dan tempat olahraga. Coober Pedy juga dilengkapi dengan akses internet, air bersih, dan listrik.

Menariknya lagi, mengutip laman resminya, Coober Pedy juga dijuluki sebagai 'Opal Capital of The World' alias 'Kota Penghasil Batu Permata'. Hal tersebut disebabkan, di bawah permukaan Kota Coober Pedy sangat kaya akan Opal, batu permata yang terdapat dalam berbagai macam warna.

ADVERTISEMENT

2. Matmata, Tunisia

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Matmata, pemukiman bawah tanah unik di Tunisia Foto: Shutter Stock

Kalau di Australia kamu bisa menemukan kota di bawah tanah yang disebut Coober Pedy. Sementara hal serupa juga bisa kamu temui di Matmata, sebuah kota kecil di selatan Tunisia, Afrika Utara.

Dilansir Atlas Obscura, karena terletak di wilayah beriklim panas, orang-orang Berber dari Suku Matmata membangun rumah menyerupai gua. Model rumah bawah tanah di Tunisia sudah dikenal sejak 1970-an.

Suku Matmata membangun rumah gua dengan cara menggali lubang besar di tanah. Setelah itu dibuat lorong-lorong seperti ruangan.

3. Derinkuyu, Turki

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kota bawah tanah Derinkuyu di Turki Foto: Shutter Stock

Derinkuyu merupakan salah satu kota bawah tanah terunik di dunia. Kota bawah tanah yang terletak di Turki ini memiliki banyak ruangan yang disusun secara bertingkat.

ADVERTISEMENT

Mengutip Atlas Obscura, kota ini terbagi menjadi delapan tingkat dan bisa menampung hingga ribuan orang.

Read more!

Kota bawah tanah yang dibangun pada sekitar abad ke-7 dan 8 sebelum masehi ini kabarnya dibuat sebagai tempat persembunyian dari para penjajah. Mereka menghindari kejaran kekaisaran Romawi yang berusaha menghabisi mereka.

Di dalam Derinkyuu, terdapat toko, gereja, sekolah, serta tempat penduduk membuat minuman anggur. Saat ini, lebih dari 600 pintu masuk ke kota bawah tanah Derinkuyu telah ditemukan dan kemungkinan jumlahnya masih bisa saja bertambah.

4. Burlington, Inggris

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kota bawah tanah Burlington di Inggris Foto: Dok. Wikimedia Commons

Selanjutnya, kota bawah tanah unik lainnya bisa kamu temukan di Inggris. Bernama Burlington, kota ini berada tepat di bawah tanah sebuah pedesaan Inggris.

Bukan sekadar kota bawah tanah biasa, Burlington merupakan fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah Inggris pada tahun 1950 sebagai tempat perlindungan jika terjadi perang nuklir. Karena itu Burlington bisa menampung hingga 4 ribu orang, termasuk pegawai pemerintah.

ADVERTISEMENT

Kota ini memiliki jalan raya sepanjang 95 kilometer, sebuah stasiun kereta, rumah sakit, danau bawah tanah, fasilitas pengolahan air, dan sebuah pub. Menariknya lagi, kota ini juga memiliki studio penyiaran berita agar perdana menteri bisa mengumumkan berita penting.

5. Dixia Cheng, Beijing

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pintu masuk ke kota bawah tanah Dixia Cheng di Beijing Foto: Dok. Wikimedia Commons

Terakhir, kota bawah tanah lainnya bisa kamu temukan di Beijing, China. Daripada kota bawah tanah, Dixia Cheng sebenarnya lebih mirip sebagai bunker perlindungan.

Hal itu dikarenakan Dixia Cheng yang dibangun pada 1970 silam ini diperuntukkan sebagai shelter (tempat perlindungan) dari invasi ataupun serangan nuklir. Area seluas 85,4 km persegi itu terdiri dari beberapa terowongan dan juga ruangan.

Kota di bawah tanah ini dilengkapi dengan pertokoan, restoran, sekolah, teater, tukang cukur, dan bahkan tempat bermain roller skate. Pada tahun 2000-an tempat ini pun menjadi salah satu atraksi bagi wisatawan.

ADVERTISEMENT

Show more

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)