Jangan Gunakan Tambahan Pemanis, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat

25 April 2017 12:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Jangan Gunakan Tambahan Pemanis, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat (39741)
zoom-in-whitePerbesar
Pilih jenis kopi organik (Foto: thinkstock)
Bagaimana biasanya kamu menikmati secangkir kopi? Apakah kamu lebih suka kopi yang ditambah susu, krim atau gula?
ADVERTISEMENT
Jika kamu pecinta kopi yang senang menambahkan pemanis, maka kamu patut waspada. Karena gangguan kesehatan seperti diabetes dan kolesterol siap mengintai mereka yang gemar minum kopi dengan gula ataupun susu.
Namun, jangan khawatir. Ada cara yang lebih menyehatkan untuk menikmati secangkir kopi hangat. Gunakan biji kopi yang asli dan hindari pemakaian gula, krim atau susu karena cita rasa kopi yang asli akan hilang dengan rasa manis yang lebih dominan.
Lantas, bagaimana cara menikmatinya? Dikutip dari Fearless Eating, ini cara menikmati kopi yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat:
1. Jangan Gunakan Gula
Jangan Gunakan Tambahan Pemanis, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat (39742)
zoom-in-whitePerbesar
Minumlah kopi setiap hari dengan takaran yang pas (Foto: thinsktock)
Kalian semua tahu jika terlalu banyak mengonsumsi gula bisa sebabkan gula darah meningkat yang memicu penyakit diabetes. Cita rasa kopi yang sedikit getir dan pahit membuat kebanyakan orang gemar menambahkan gula pada kopi mereka.
ADVERTISEMENT
Mungkin jika hanya diminum satu cangkir per hari tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan yang signifikan, tapi hal ini justru akan berbahaya jika kamu mengonsumsinya lebih dari tiga kali dalam sehari. Ganti penggunaan gula dengan susu rendah lemak atau krim murni yang tidak mengandung sirup jagung atau bahan tambah pangan lainnya.
2. Gunakan Biji Kopi Asli
Jika kalian suka meracik kopi buatan sendiri, maka gunakanlah biji kopi asli. Hal ini karena biji kopi yang masih utuh mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam kopi memang akan teroksidasi setelah digiling, namun jika diminum sesegera mungkin, kamu masih akan mendapatkan manfaat dari kopi tersebut.
3. Pilih Kopi Organik
Kopi yang biasa dijual secara komersil biasanya terbuat dari biji kopi yang umumnya memakai pestisida. Banyak dampak negatif yang disebabkan jika bahan pestisida ini masuk ke dalam tubuh. Gangguan kesehatan pun tak bisa terelakkan. Oleh karena itu, pilihlah kopi yang terbuat dari biji kopi organik dan bebas pestisida.
ADVERTISEMENT
4. Minum Kopi Setelah Makan
Jangan Gunakan Tambahan Pemanis, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat (39743)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi jadi bagian dari gaya hidup (Foto: thinkstock )
Untuk mendapatkan khasiat kesehatan dari kopi, sebaiknya minum kopi setelah makan. Kafein akan membuat tubuh melepaskan gula menuju aliran darah, di mana kondisi ini akan menyebabkan pankreas melepaskan insulin dan membuat tubuh mengeluarkan gula yang berlebih.
Saat perut sedang kosong, gula darah bisa turun drastis dan kemudian menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi gula lebih banyak. Minum kopi setelah makan akan membuat asupan gula berkurang ke dalam tubuh.
5. Minum Kopi Satu Cangkir Sehari
Kalori di tiap kopi berbeda-beda, tergantung dari tambahan gula, krim atau susu. Untuk menjaga asupan kalori dalam tubuh, sebaiknya kurangi mengonsumsi kopi dengan tambahan pemanis.
Namun, bagi kamu yang menyukai kopi murni tanpa tambahan gula ataupun susu, sebaiknya juga membatasi mengonsumsi kopi. Para ahli menganjurkan jika setiap orang hanya mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg per harinya.
ADVERTISEMENT
6. Nikmati Sensasi Meminum Kopi
Jangan Gunakan Tambahan Pemanis, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat (39744)
zoom-in-whitePerbesar
Nikmati setiap sesapan kopi (Foto: thinkstock)
Hal yang paling penting untuk membuat rasa kopi terasa sangat nikmat adalah dengan cara menikmatinya. Saat kopi masih hangat, nikmati setiap sesapan kopi tersebut.
Hilangkan pikiran tentang dampak buruk meminum kopi karena sebenarnya kopi berkhasiat bagi kesehatan jantung. Bagi kamu yang tidak memiliki penyakit gangguan jantungg, para ahli menganjurkan untuk meminum kopi setiap hari.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020