Pengenalan Profesi Melalui Kelas Inspirasi Pada Siswa di SDN 02 Bodag

Moh Andriansyah Maulana
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
26 Januari 2023 20:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Moh Andriansyah Maulana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengenalan Profesi Melalui Kelas Inspirasi untuk Memberikan Motivasi Cita-Cita pada Siswa di SDN 02 Bodag oleh Moh. Andriansyah Maulana Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
zoom-in-whitePerbesar
Pengenalan Profesi Melalui Kelas Inspirasi untuk Memberikan Motivasi Cita-Cita pada Siswa di SDN 02 Bodag oleh Moh. Andriansyah Maulana Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
ADVERTISEMENT
Madiun – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) dengan fokus pengabdian kepada masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) juga dikenal dengan kampus merah putih melaksanakan kegiatan KKN pada bulan januari 2023 dengan mengusung tema “Pengenalan Profesi Melalui Kelas Inspirasi Memberikan Motivasi Cita-Cita pada Siswa di SDN 02 Bodag”
ADVERTISEMENT
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) kelompok KKN R6, Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro yang melakukan KKN di Desa Bodag Kecamatan Kare Kabupaten Madiun dengan program kerja Kelas Inspirasi Memberikan Motivasi Cita-Cita Pada Siswa. Kkn dilakukan di bawah bimbingan Ibu Indah Nurpriyanti,S.Pd, M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Cita-cita merupakan hal yang penting dalam kehidupan seseorang. Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya. Namun untuk menggapai cita-cita tersebut diperlukan pendidikan yang baik dan sesuai dengan cita-cita yang diinginkan. Bukan hanya itu siswa juga perlu motivasi agar mereka terinspirasi dan memilih profesi yang tepat untuk masa depannya.
Setelah mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan observasi ditemukan permasalahan bahwa kebanyakan dari siswa yang ada di desa bodag ini belum mengetahui jenis profesi karena keterbatasan akses teknologi informasi internet sehingga mereka tidak mengetahui jenis profesi yang akan di cita-citakan dan siswa cenderung memiliki cita-cita yang tidak jauh dari orang tuanya. Maka dari permasalahan tersebut pengusul mengajukan program yakni pengenalan profesi untuk memberikan motivasi cita-cita pada siswa yang bertujuan untuk memperkaya referensi siswa-siswa SD tentang profesi-profesi formal yang ada.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini dilaksanakan pada senin (09/1) di SDN 02 Bodag Madiun, populasi dalam kegiatan ini adalah seluruh siswa SDN 02 bodag kelas III yang berjumlah 23 siswa. Dalam kegiatan ini melalui kelas inspirasi mahasiswa memperkenalkan profesi masing-masing untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswa di SDN 02 Bodag yang bertujuan untuk memperkaya referensi siswa-siswa SD tentang profesi-profesi formal yang ada. Referensi ini bermanfaat untuk membantu siswa-siswa dalam merumuskan cita-cita mereka di masa depan.
Kegiatan ini dilakukan menggunakan metode observasi, dan tes. Dimana sebelum melakukan kelas inspirasi, mahasiswa memberikan pretest terlebih dahulu kepada siswa tentang motivasi yang mereka miliki dan cita-cita yang mereka inginkan. Kemudian dilakukan post test, mahasiswa mengenalkan profesinya melalui kelas inspirasi untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi SD, tentang keberanian untuk bermimpi tinggi dan menunjukkan bagaimana cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Setelah penyampaian profesi pada kelas inspirasi oleh mahasiswa, selanjutnya siswa diberikan post test dengan soal yang sama seperti soal pretest. Dari hasil tes sebelum dan setelah penyampaian materi dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi terinspirasi memilih cita-cita untuk masa depannya. Setelah adannya program kelas inspirasi ini ada hasil pre-post test yang telah dilakukan, sehingga hasil rata-rata dari pre-post test menjadi tahu yaitu sebesar 60% untuk SDN 02 Bodag dan 74% untuk SDN 01 Bodag, dengan ini penulis mengharapkan program kerja kelas inspirasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk siswa-siswi SDN Bodag sebagai tambahan motivasi pembelajaran kedepannya agar lebih semangat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Informasi lengkap terkait UNTAG Surabaya dapat diakses melalui
http://www.untag-sby.ac.id.
#UntagSurabaya#KitaUntagSurabaya#UntagIndonesia#UntagSurabayaKeren#EcoCampus#KampusKompeten