Mahasiswa KKNT UNDIP X UNICEF Menyukseskan Program BIAN di Kec.Kedungwuni

mahasiswa aktif Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
1 September 2022 11:02
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari angguntarigan13 tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
(Kabupatan Pekalongan, 7/08/2022) - Kecamatan Kedungwuni merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan. Pada Kecamatan Kedungwuni terdapat 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Kedungwuni I dan Puskesmas Kedungwuni II. Pelaksanaan KKN KEJAR dan BIAN Kab.Pekalongan terpusat di Puskesmas Kedungwuni I yang memiliki cakupan wilayah berupa 2 Kelurahan dan 9 Desa. Dari beragamnya Kelurahan dan Desa di Kecamatan ini, jenis-jenis wilayahnya pun beragam dan mayoritas masih berupa perkampungan yang dimana masih membutuhkan pengembangan dalam berbagai aspek. Kecamatan ini memiliki tingkat perekonomian yang seimbang yaitu menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Adanya pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir menimbulkan permasalahan, yaitu terkendalanya pelaksanaan Imunisasi pada anak di Kecamatan Kedungwuni. KKN Universitas Diponegoro di daerah Kecamatan Kedungwuni diharapkan program – programnya dapat berguna serta bermanfaat bagi warga di Kecamatan setempat.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan program KKN ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan apa saja gejala medis yang mampu timbul dan bagaimana penanganan yang harus dilakukan bila terjadi reaksi yang timbul setelah imunisasi dilakukan. Selain itu, program-program yang dilaksanakan juga diharapkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait jenis-jenis imunisasi. Program unggulan ini juga diharapkan mampu membantu masyarakat untuk semakin awas dan paham mengenai pentingnya imunisasi, jadwal dan tips imunisasi, manfaat serta penyakit yang mampu dicegah melalui imunisasi dasar lengkap (IDL).
sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
sumber: Dokumentasi Pribadi
Perencanaan dan perancangan program kerja dimulai sejak minggu pertama, diawali dengan survey dan perizinan ke birokrasi setempat. Permohonan izin dimulai dari Bappeda Kab. Pekalongan, Kesbangpol, Dinas Kesehatan, Kantor Kecamatan Kedungwuni, dan Puskesmas Kedungwuni I. Kemudian dilakukan survey lokasi dan partisipasi masyarakat terhadap imunisasi KEJAR dan BIAN untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan dan kesadaran masyarakat mengenai imunisasi pada anak.
ADVERTISEMENT
Pada minggu kedua, dilakukan sosialisasi mengenai program Imunisasi KEJAR dan BIAN tahun 2022. Sosialisasi ini dilaksanakan di TK Pertiwi, Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni pada Minggu, 7 Agustus 2022. Pada kegiatan tersebut juga dibagikan brosur mengenai KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Adanya sosialisasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan antusiasme masyarakat mengenai imunisasi.
sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
sumber: Dokumentasi Pribadi
Program lain yang dirancang oleh Tim KKN Tematik UNDIP x UNICEF Kab. Pekalongan adalah Giat Imunisasi di setiap desa dalam cakupan wilayah Puskesmas Kedungwuni I. Bentuk program ini berupa pemberian apresiasi dan penghargaan kepada desa dengan capaian target peserta imunisasi terbanyak. Giat Imunisasi bertujuan untuk memberi motivasi bagi masyarakat sehingga mampu meningkatkan antusiasme dan partisipasinya saat pelaksanaan imunisasi.
sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
sumber: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT