Davina Veronica, Selebriti Penyelamat Satwa Terlantar
11 January 2017 11:37 WIB
0
0

Davina VeronicaDavina Veronica, selebriti penyelamat satwa. (Foto:Instagram @davinaveronica_gsi)
Aktris sekaligus model Davina Veronica (38) rajin menyisir sejumlah lokasi di Jakarta untuk mencari hewan-hewan yang terlantar. Dia juga terlibat di yayasan khusus untuk itu.
Garda Satwa Indonesia berdiri sejak 1 Juni 2011. Didirikan oleh para aktivis dan pencinta satwa, gerakan ini fokus kepada kampanye dan sosialisasi edukasi satwa di lembaga pendidikan, masyarakat, dan media sosial, vakinasi, sterilisasi bersubsidi, penyelamatan, dan adopsi.


Banyaknya kasus penyiksaan pada hewan membuat Davina cs miris kala melihat maupun mendengarnya. Akhirnya, pada September 2014, Garda Satwa Indonesia resmi menjadi yayasan. Tujuannya, agar apa yang mereka lakukan di bawah perlindungan hukum.
Anjing dan kucing menjadi hewan yang paling sering diselamatkan oleh Garda Satwa Indonesia. Selain jumlahnya yang banyak, kedua hewan ini adalah hewan peliharaan pilihan.
“Tapi ya, harus lihat kemampuan (diri) juga karena merawat (hewan) itu kan, komitmen seumur hidup. Makanya saya bentuk yayasan. Tapi, nggak semuanya bisa ditolong juga walaupun kami mau menolong semuanya,” terang wanita yang menjadi model video klip Sheila on 7 yang berjudul ‘Dan’.

Pasukan Garda Satwa IndonesiaPasukan Garda Satwa Indonesia (Foto:Dok. Garda Satwa Indonesia)

Sebagai Ketua Umum Garda Satwa Indonesia yang aktif, Davina yakin visi dan misi Garda Satwa Indonesia mampu menyebarkan pesan akan pentingnya hidup bersama-sama dengan para hewan. Selain itu, dia juga aktif sebagai supporter kehormatan WWF Indonesia dan menjadi Komisaris Independen untuk majalah Scuba Diver Indonesia.
Bagi Davina, membantu hewan-hewan terlantar tidak bisa dilakukan sendirian. Harus ada wadah untuk berkoordinasi mengenai proses penyelamatan hewan. “Untuk itulah Garda Satwa Indonesia ini berdiri,” tutur wanita berdarah Jawa-Manado itu pada kumparan.


Aktris kelahiran 20 Oktober 1978 itu awalnya hanyalah seorang penyayang binatang sejak kecil. Karena itu, tidak heran apabila anak sulung dari dua bersaudara tersebut mengganggap hewan sudah menjadi bagian dari keluarganya.


Saat ini, Davina memiliki empat ekor anjing di rumahnya, yaitu Summer (Westie Terrier), Mowgli (Schnauzer), Jowi (Shih Tzu), dan Reno (Shih Tzu). Terlepas dari ukuran anjing-anjingnya yang berukuran tidak terlalu besar, Davina mengaku, ia tidak mengalami kesulitan untuk merawat keempat anjingnya.
“Mereka sudah seperti anak saya sendiri. Jadi, saya menikmati sekali merawat mereka,” ujar anak dari pasangan Gunthur Hariadi dan Patricia Gontha tersebut.


Pemain film ‘Badai Pasti Berlalu’ tersebut juga tidak keberatan untuk mengeluarkan biaya besar untuk pakan dan kebersihan anjingnya. "Berapapun yang penting kebutuhannya terpenuhi," kata Davina.
Berdasarkan investigasi yang dilakukan tim Garda Satwa di DKI Jakarta terhadap 40 (sample) rumah makan yang menyediakan menu daging anjing, diperoleh angka sekitar 68 ekor anjing tiap hari, atau sekitar 2.040 ekor tiap bulan. 


Ratusan ribu anjing dan kucing hidup di jalan, entah kemudian berakhir mati di jalan atau berakhir dipenampungan. Permasalahan yang mendasar dari terlantarnya satwa adalah reproduksi yang tidak terkontrol, yang salah satunya didukung oleh breeder.
Ingin menjadi penyelamat satwa bersama Davina cs? Pantau media sosial mereka @gardasatwaindonesia (Instagram), @gardasatwaINA, dan Garda Satwa Indonesia (Facebook).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: