kumparan
23 April 2019 23:38

Solusi Mudik 2019 Tanpa Macet

“Bandung untukku bukan hanya kota kembang, tapi kota penuh kenangan, dan ke Bandunglah aku akan kembali pulang.”

ADVERTISEMENT
Bandung memang kampung halamanku, jadi sangat wajar jika Bandung begitu berkesan. Di kampung kelahiran Mamahku inilah aku tumbuh, dan menghabiskan masa kecil yang menyenangkan.
Karena itulah, pulang kampung selalu menjadi hal yang aku tunggu-tunggu. Alasan klasik nggak ada waktu panjang, membuat aku sangat jarang pulang kampung. Padahal jarak tempuh Jakarta – Bandung tidaklah teramat jauh.
Sulit memang mencari waktu yang pas untuk pulang kampung, terlebih saat ini aku sudah bekerja dan memiliki kesibukan lain di luar pekerjaan kantor. Waktu panjang yang pasti aku punya adalah ketika libur lebaran, tepat di musim mudik.
Aku dan Mama hampir tidak pernah melewatkan mudik ketika libur lebaran. Momen ini kami manfaatkan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara.
ADVERTISEMENT
Biasanya, kami pulang ke Bandung tepat di hari pertama aku libur kerja. Setelah salat subuh kami berangkat, dan sampai di kampung halaman siang hari. Kami memang selalu nggak sabar ingin cepat-cepat pulang, agar memiliki waktu lebih lama berada di kampung.
Jarak dari kota Bandung ke kampung halaman aku masih lumayan jauh, jadi ketika aku berangkat dari Jakarta setelah salat subuh, akan sampai di kampung sekitar pukul dua belas siang. Itu jika kondisi jalan bersahabat, lain cerita jika sedang macet.
macet.jpeg
Sumber gambar: pexels.com
Aku jadi ingat, bulan Maret kemarin aku dan teman-teman sempat main ke kota Bandung sampai dua kali. Kami berangkat dari Jakarta sekitar pukul tujuh pagi, dan sampai di Bandung sekitar pukul dua belas siang karena kondisi jalan yang sangat macet.
ADVERTISEMENT
Semenjak ada pembangunan memang kondisi jalanan menuju Bandung tak seperti biasanya, yang tadinya jarak tempuh Jakarta – Bandung hanya dua sampai tiga jam saja. Saat ini, jarak tempuh Jakarta – Bandung bisa memankan waktu lima sampai enam jam.
Aku nggak kebayang akan semacet apa ketika musim mudik, sepertinya aku nggak tega melihat Mama harus berlama-lama di jalan. Akhirnya aku memutuskan mudik tahun ini akan menggunakan kereta api, sepertinya untuk saat ini transportasi paling aman dari macet ya kereta api.
Nah, untuk pembelian tiket kereta api aku membeli tiketnya di tiket.com. Alasannya karena membeli #tiketWonderfulIndonesia ke mana saja di tiket.com sangat mudah. Cukup mengunjungi websitenya di www.tiket.com, atau mengunduh aplikasi tiket.com di smartphone.
tiketdotcom.jpg
Tampilan aplikasi tiket.com di smartphone
Selain itu, di tiket.com juga aku bisa melihat jadwal dan ketersedian tiket hanya dengan sekali akses saja. Ini memudahkan sekali untuk aku yang malas.
tiket.jpg
Pencarian tiket sangat mudah
Aku memilih tiket dari Gambir ke Bandung pada tanggal 01 Juni 2019, tepat di hari sabtu. Setalh itu, aku akan mengajukan cuti untuk hari senin dan selasanya agar waktu di kampung halaman menjadi lebih lama.
ADVERTISEMENT
Jadi, solusi mudik 2019 tanpa macet aku ya memilih transportasi lain, yaitu kereta api. Bagimana dengan solusi mudik 2019 kalian?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan