Memperkenalkan KaryaKarsa

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire. Previously Wooz.in and Ohdio.FM, now working on karyakarsa.com
Konten dari Pengguna
13 Juni 2019 10:22
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Ario Tamat tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Memperkenalkan KaryaKarsa (25406)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah artikel dua minggu lalu, saya menyinggung soal peningkatan pemasukan musisi independen dengan skala yang lebih lebar. Artikel ini merupakan premis dasar untuk proyek yang kami perkenalkan tempo hari, KaryaKarsa.
ADVERTISEMENT
Sebuah ekonomi, "sekecil" ekonomi industri musik sekalipun, hanya akan berkembang kalau jumlah uang yang masuk bertambah, dan dapat diolah oleh pelaku industri menjadi sesuatu yang bertambah nilainya, untuk kemudian digunakan untuk menarik uang lagi ke dalam ekonomi industri. Analoginya: pabrik sabun harus ada investasi sebelum dapat dibangun, dan perlu investasi juga untuk pembelian semua bahan dasar. Kemudian, pabrik tersebut akan menghasilkan sabun yang dapat dijual, yang menghasilkan keuntungan yang dapat diinvestasikan kembali.
Metode-metode "penarikan uang" dari konsumen di industri musik masih mengikuti pola pasar massal, sementara pola konsumsi pendengar musik sudah bergeser dan melebar. Tidak semua musisi dapat bernafkah dari layanan streaming, misalnya. Di sisi lain, pendekatan bisnis yang tidak menggunakan layanan massal, sulit meningkatkan skala, sehingga memberikan hambatan untuk musisi dapat menaikkan pendapatannya. Padahal, hidup sebagai pekarya tetap butuh uang.
ADVERTISEMENT
Namun, seperti saya bilang di atas, yang dibutuhkan justru melebarkan metode-metode pemasukan musisi independen dengan skala lebih lebar. Membuat layanan atau jenis produk baru, bisa jadi pilihan, namun tak semua layanan/produk cocok untuk semua pekarya. Jadi, apa lagi yang bisa dilakukan? Menurut kami, salah satu caranya adalah memberdayakan fans sehingga dapat berkontribusi langsung pada kegiatan berkarya. Dan bukan cuma musisi - pekarya apapun bisa: video, podcast, animasi, ilustrasi, konsultasi... Karya apapun.
Berdaya untuk karya. Berdaya dari karya.
Kami perkenalkan, karyakarsa.com .
Premisnya sederhana: fans dapat berkontribusi langsung secara finansial - baik melalui tipping atau berlangganan - untuk terus mendukung pekarya yang mereka sukai. Pekarya dapat terus berkarya. Pekarya pun tetap dapat berkarya melalui berbagai medium dan layanan yang sudah ada, tanpa harus mengubah kebiasaan, namun dapat juga menawarkan konten yang lebih eksklusif juga.
ADVERTISEMENT
Mungkin akan ada yang berpikir, wah ini semacam galang dana atau sumbangan untuk pekarya. Rasanya, beda di semangat, karena yang ingin dilakukan KaryaKarsa justru adalah mendekatkan fans dengan pekarya, dan membudayakan ekspresi apresiasi terhadap kegiatan dan karya pekarya. Idealnya, pekarya terus berkarya mengikuti idealisme dan energinya, dan fans akan terus mendukung sesuai kemampuan dan minat. Karena pekarya juga bekerja untuk fansnya, sudah selayaknya fans pun dapat mengimbangi dengan mendukung secara finansial.
Caranya: tipping, atau berlangganan sekalian. Menurut kami, tipping ini lebih cocok dengan budaya konsumen di Asia Tenggara, yang pola konsumsinya senang shampo sachet, beli pulsa prabayar dalam nominal kecil (tapi sering) dan enggan berlangganan (kecuali pada strata ekonomi tertentu). Kami lihat metode ini sudah banyak dilakukan dalam, misalnya, aplikasi-aplikasi live streaming. Nah kami ingin mengangkat pola konsumsi dengan tipping ini menjadi sesuatu yang berdiri sendiri, tidak rumit, dan dapat diadaptasikan dengan kegiatan pekarya apapun.
ADVERTISEMENT
Kami berupaya supaya Karyakarsa dapat menjadi alternatif pembiayaan bagi pekarya, yang selama ini harus mencari uang dari sponsor, menjual atau menyewakan karya melalui berbagai layanan digital, atau menjual merchandise. Semua kegiatan ini tetap dapat dilakukan tentunya - dengan Karyakarsa, kami berharap dapat memperkuat para pekarya dalam berkegiatan.
Untuk saat ini, KaryaKarsa masih dalam tahap riset dan pengembangan, dan kami butuh bantuan Anda - sebagai pekarya atau fans - untuk mewujudkan. Silakan buka https://KaryaKarsa.com dan pilih cara dukungannya. Kami pun akan terus menghimpun berbagai informasi dan masukan dari siapapun, supaya KaryaKarsa dapat memberikan manfaat yang baik untuk fans, pekarya, dan ekonomi kreatif Indonesia secara umum.
Silakan ikuti Twitter dan IG karyakarsa_id untuk informasi terbaru ya!
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G