kumparan
18 November 2019 13:50

5 Inspirasi Desain Furnitur Multifungsi yang Cocok untuk Hunian Mungil

multifunctional-furniture.jpg
novamakedonija.com
Di tengah luas hunian yang kian terbatas, pemilik rumah dituntut untuk selalu bersiasat, terkait desain rumahnya, pilihan dekorasi, hingga bentuk furnitur yang digunakan. Bila salah pilih, hunian yang sempit justru akan semakin bertambah sempit. Sebagai pemilik rumah, Anda tentu menginginkan hunian yang nyaman meski luasannya tak terlalu besar.
ADVERTISEMENT
Sebagai solusi untuk hunian mungil, Anda bisa menggunakan furnitur serbaguna atau furnitur multifungsi. Furnitur yang satu ini biasanya memiliki lebih dari satu fungsi dalam satu buah furnitur. Itulah mengapa furnitur ini disebut sebagai furnitur multifungsi. Ini pula yang membuat furnitur multifungsi sangat tepat diaplikasikan untuk hunian mungil. Sebab, furnitur multifungsi akan lebih menghemat tempat, dibanding apabila Anda membeli banyak perabot dan furnitur.
Selain dapat menghemat tempat, furnitur multifugsi juga tentu bisa menghemat pengeluaran Anda. Misal, Anda bisa mendapatkan meja makan sekaligus sebagai meja kerja hanya dalam satu furnitur saja. Dengan furnitur multifungsi, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli dua furnitur tersebut, sebab kedua fungsi furnitur sudah bisa Anda dapatkan dalam satu furnitur saja.
ADVERTISEMENT
Sebagai inspirasi untuk Anda, berikut ArsiteQ.com hadirkan 5 inspirasi desain furnitur multifungsi yang cocok untuk Anda terapkan di hunian mungil.
1. Sofa Sekaligus Meja, Furnitur Multifungsi yang Hemat Ruang
table-and-sofa-in-one.jpg
www.godownsize.com
Ingin memiliki ruang keluarga dan ruang makan yang terpisah, namun tidak ada space yang tersedia di hunian mungil? Gabungkan saja dengan satu furnitur multifungsi berikut ini. Pada inspirasi berikut, sofa digabungkan dengan area makan atau area kerja. Caranya mudah, kerangka sofa dirancang dengan adanya tambahan ambalan di bagian belakangnya. Ambalan tersebut berfungsi sebagai meja. Dengan begini, Anda tinggal menambahkan stool atau kursi di depannya, agar meja bisa berfungsi secara maksimal. Uniknya, di bagian bawahnya juga terdapat laci sebagai tempat untuk menyimpan buku. Dari satu furnitur ini pun, Anda bisa mendapatkan 3 fungsi sekaligus, yaitu sofa, meja, dan laci penyimpanan.
ADVERTISEMENT
2. Hemat Tempat dengan Furnitur Multifungsi Meja Bar dan Kabinet Penyimpanan
small-dining-table.jpg
www.livinginashoebox.com
Hunian mungil namun ingin tetap punya mini bar? Pasti Anda berpikir ini sangat mustahil! Namun, dengan kreativitas tentu Anda bisa mendapatkannya. Caranya ialah dengan menggunakan furnitur multifungsi seperti pada inspirasi yang satu ini. Siapa sangka, kabinet penyimpanan di dapur ini bisa juga berfungsi sebagai meja bar. Anda bisa menambahkan meja di atas kabinet yang didesain fleksibel. Bila tidak digunakan, meja ini bisa dinonaktifkan dan berfungsi sebagai alas untuk meletakkan pajangan. Namun, saat ingin digunakan sebagai meja, Anda bisa memutarnya menyerupai meja bar. Jangan lupa tambahkan stool di depannya.
3. Furnitur Multifungsi untuk Meja dan Open Storage
f4eff48d22e635ed1208cfab39af3ad4.jpg
www.livinginashoebox.com
Furnitur multifungsi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang tinggal di hunian mungil atau apartemen dengan konsep open plan. Furnitur ini sangat tepat diaplikasikan untuk ruang dapur. Selain berfungsi sebagai lemari penyimpanan terbuka atau open storage untuk menyimpan bumbu dapur, bagian tutup di salah satu lemari bisa dimanfaatkan sebagai meja. Dilengkapi dengan engsel bawah, tutup meja juga memiliki bagian kaki yang berfungsi untuk menyanggah meja. Pada bagian bawahnya juga terdapat rak yang dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.
ADVERTISEMENT
4. Furnitur Multifungsi untuk Ottoman Sekaligus Rak Sepatu
Gabriela+Upholstered+Storage+Bench.jpg
www.wayfair.com
Di hunian yang mungil, Anda tentu tidak terlalu memikirkan soal penyimpanan sepatu. Padahal, bila sepatu tercecer di berbagai tempat, hunian mungil Anda akan terlihat berantakan. Sebagai solusi, Anda bisa mengaplikasikan furnitur multifungsi yang satu ini. Ottoman yang satu ini didesain dengan ruang penyimpanan di bagian bawah. Dilengkapi dengan penutup, di dalamnya terdapat laci yang bisa digunakan untuk meletakkan koleksi sepatu. Dengan begini, sepatu Anda pun tidak akan berserakan di berbagai tempat.
5. Furnitur Multifungsi Bentuk Tempat Tidur dan Penyimpanan Rahasia
19262331e23342ce165222598dd79c9f.jpg
bradsknutson.com
Penyimpanan barang selalu menjadi isu atau masalah utama di hunian mungil. Semakin banyak barang, semakin bingung pula Anda di mana harus menyimpannya. Coba furnitur multifungsi yang satu ini. Didesain dengan sangat unik, tempat tidur ini memiliki banyak penyimpanan rahasia. Bila Anda angkat kasurnya, Anda akan menemukan kompartemen di bagian bawah. Anda bisa menyimpan selimut tebal, pakaian, atau bantal yang jarang terpakai di bawah sini.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, menarik bukan kelima inspirasi furnitur multifungsi di atas? Jangan lewatkan puluhan inspirasi lainnya yang dihadirkan oleh ArsiteQ.com.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan