Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kecantikan?

Artikel Kesehatan
Kumpulan artikel yang membahas informasi seputar kesehatan.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 16:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Artikel Kesehatan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat lidah buaya. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat lidah buaya. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Penggunaan lidah buaya dalam perawatan kecantikan telah dikenal sejak berabad-abad lalu. Tanaman tropis ini kerap digunakan untuk merawat kulit, rambut, hingga wajah. Lantas, apa manfaat lidah buaya untuk wajah?
ADVERTISEMENT
Lidah buaya atau aloevera adalah tanaman yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan. Daunnya mengandung lebih dari 200 senyawa fitokimia yang mencakup vitamin, mineral, dan asam amino esensial.
Karena kandungannya yang beragam ini, lidah buaya kerap dijadikan bahan utama dalam industri kosmetik. Daun lidah buaya dapat diolah menjadi berbagai macam produk kecantikan, seperti toner, sabun, tabir surya, hingga pelembap wajah.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Ilustrasi manfaat lidah buaya. Foto: Pexels.
Dikutip dari buku Budidaya Tanaman Obat Secara Organik oleh Ir Agus Kardinan, lidah buaya mempunyai kandungan vitamin yang cukup lengkap seperti vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, dan E.
Tanaman yang mempunyai daun berduri ini juga kaya akan mineral dan asam amino. Mineral yang terkandung dalam lidah buaya terdiri dari kalsium, magnesium, kalium, dan besi. Sedangkan kandungan asam amino yang terdapat pada tanaman ini mencakup arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valibe, proline, gutamat, hingga flavonoid.
ADVERTISEMENT
Beragam vitamin dan nutrisi ini sangat diperlukan tubuh terutama kulit. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit wajah sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Melembapkan Kulit

Manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit secara alami. Gel lidah buaya mempunyai kandungan air yang sangat tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dan C pada lidah buaya juga dapat memperkuat jaringan terluar kulit.

2. Mengurangi Kemerahan

Mengutip jurnal Aloevera: Short Review oleh Amar Surjushe, lidah buaya mempunyai delapan enzim anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit, seperti alkaline fosfatase, amilase, selulase, dan lipase. Ini menjadikan aloevera sebagai solusi yang efektif untuk beberapa masalah kulit wajah seperti jerawat, ruam, dan eksim.
ADVERTISEMENT

3. Meratakan Warna Kulit

Kandungan vitamin C pada lidah buaya membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Karena itu, lidah buaya kerap ditambahkan dalam produk-produk pencerah kulit.

4. Mengatasi Tanda Penuaan

Lidah buaya juga terbukti ampuh dalam mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Kandungan asam amino pada lidah buaya mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Sedangkan vitamin C dan vitamin E membantu memperkuat struktur kulit dan mengurangi kerutan serta garis halus.
Memakai lidah buaya secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Ada berbagai cara untuk mengaplikasikan lidah buaya ke wajah. Salah satunya dengan menggunakan gel lidah buaya murni sebagai pelembap atau masker wajah.
ADVERTISEMENT
(GLW)