News
·
5 Juni 2018 15:54

Gejala Mirip Kanker Payudara, Tapi Bukan Kanker

Konten ini diproduksi oleh Aryanto H
Ada banyak sekali kasus kanker payudara yang membuat para wanita semakin waspada terhadap kemunculan gejala penyakit ini. Walau seperti itu, terdapat beberapa gejala yang "mirip" kanker payudara dan menjadi pertanda dari penyakit lain.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah gejala mirip kanker payudara, tapi bukan kanker yang bisa anda ketahui :
Gejala Mirip Kanker Payudara, Tapi Bukan Kanker (17324)
Rasa sakit pada payudara
Dikenal dengan istilah Malgia yaitu rasa sakit yang terjadi pada payudara dan sering membuat wanita cemas. Biasanya ini terjadi pada waktu 2 minggu sebelum menstruasi pada bagian luar dan sebagian payudara, dan terjadi pada kedua payudara.
Apabila rasa sakit ini tidak permanen (kadang terasa dan kadang tidak) dan tidak berkaitan dengan benjolan apapun, maka ini bukan termasuk gejala kanker. Penyebab rasa sakit pada payuadra yang terjadi yaitu akibat kafein, hormon stress, dan reproduktif.
Kista jinak
Fibroadenoma adalah kista jinak dalam payudara yang kadang-kadang membentuk benjolan. Jenis kista ini bisa membesar dan harus diangkat dengan operasi.
ADVERTISEMENT
Kista yang satu ini mempunyai tekstur yang hasul serta teratur ketika terlihat dalam USG. Kabar baiknya ini bukan kanker, akan tetapi anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter.
Ruam pada payudara
Tuam pada payudara dan gatal bisa menjadi salah satu gejala kanker. Akan tetapi ruam dan rasa gatal belum tentu menjadi pertanda kanker. Apabila ruam dan gatal terjadi pada dua payudara, maka ini hanya ruam biasa.
Perhatikan ruam selama 2 minggu. Ruam biasa akan tetap atau hilang dengan sendirinya. Akan tetapi ruam yang disebabkan kanker akan semakin memburuk dan parah.
Cairan kental, lengket, dan berwarna aneh dari payudara
Tidak semua cairan aneh dari payudara merupakan pertanda kanker. Bisa jadi itu adalah ectasia saluran susu. Hal ini terjadi ketika saluran susu melebar dan menebal, dan dipenuhi cairan. Meski bukan kanker, sebaiknya segera periksakan ke dokter ketika sedang mengalami hal ini.
ADVERTISEMENT
Hasil mamogram yang aneh
Wanita selalu dibuat panik karena hasil mammogram yang dinilai miring. Akan tetapi , jangan khawatir, hal tersebut terjadi akibat faktor usia atau payudara yang padat. Untuk menghindarinya bisa dengan melakukan pemeriksaan lain selain mammogram, salah satunya yaitu ultrasound. Cara ini tidak menyakitkan, hasilnya lebih cepat, dan tidak mahal, serta tidak menyebabkan radiasi.
Puting berdarah
Puting yang berdarah adalah suatu hal yang menakutkan dan harus segera periksakan diri pada dokter. Akan tetapi ini belum tentu termasuk gejala kanker. Putih berdarah ini bisa diakibatkan oleh intaductal papiloma, yaitu sebuah kutil kecil yang tumbuh didekat puting serta mengakibatkan pendarahan. Hal ini dapat terjadi pada wanita yang usianya 40th keatas. Untuk memastikan bukan gejala kanker yaitu harus melakukan pemeriksaan ultrasound atau bahkan rontgen sinar X.
ADVERTISEMENT
Payudara yang memerah dan hangat
Hal ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui dan mengalami infeksi payudara akibat bakteri staphylococcus aureus. Untuk mengetahuinya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white