Opini & Cerita12 September 2020 6:12

Menjaga Kesehatan Mental

Konten kiriman user
Menjaga Kesehatan Mental (1025805)
ilustrasi. pixabay.com
PANDEMI COVID-19 telah membuat masyarakat menjadi lebih banyak beraktivitas di rumah, mulai dari bekerja, belajar, hingga beribadah. Tujuannya tidak lain adalah agar kita tidak tertular virus atau bahkan menyebarkan virus Corona tersebut. Muncul persoalan lainnya yaitu akibat pandemi ini kita juga menjadi lebih sering mencuci tangan, menggunakan handsanitizer, penggunaan masker, dan ditambah rasa stres karena bosan.
ADVERTISEMENT
Senyatanya wabah COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga dapat memengaruhi kondisi mental setiap orang. Terlebih lagi saat ini masyarakat dihadapkan pada aturan new normal yang mendorong masyarakat untuk beradaptasi cepat dengan kebiasaan baru.
Kebijakan bekerja dari rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah maka lama-kelamaan akan menimbulkan dampak minor. Mulai dari rasa bosan, jenuh, hingga mengakibatkan stres. Belum lagi jikalau kondisi ekonomi ikut terdampak dengan adanya kebijakan #dirumahaja atau dirumahkan.
Keadaan terparah adalah banyak masyarakat yang terkena PHK sehingga masyarakat diterpa masalah finansial, tidak punya pekerjaan, dan masa depan seusai pandemi berakhir. Artinya, jika tidak segera ditangani, masyarakat dapat mengalami gangguan kesehatan mental atau penyakit mental.
ADVERTISEMENT
Beberapa hal berikut mungkin bisa dilakukan untuk menguatkan kesehatan mental kita;
  1. Ciptakan pikiran yang positif di tengah pandemi.
    Pandemi tidak selalu berdampak negatif, ada sisi lain peluang untuk menemukan sesuatu hal baik yang justru tidak ditemukan ketika tidak ada pandemi.
  2. Menjadi Produktif dan Mengasah skill.
    Banyak peluang kerja muncul dari pandemi, kita bisa melakukan hal-hal baru yang bisa meningkatkan keterampilan diri sendiri, seperti menjahit, memasak, ikut kursus online, bahkan bisa menjadi content creator.
  3. Silaturahmi Virtual.
    Selalu berkomunikasi atau membangun Networking atau jejaring dengan para sahabat lama atau yang baru, mengikuti seminar-seminar secara virtual.
  4. Menjaga pola hidup sehat.
    Selalu berolahraga ringan, mengonsumsi makanan bergizi dan tidur yang cukup mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pola tidur yang cukup akan membantu pikiran lebih fresh dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan
  5. Jauhi Kebiasaan Buruk dan Manjakan Diri.
    Membiasakan dengan aktivitas baru seperti bermain musik, menulis, tidak menggosip, kurangi bahkan stop rokok dan alkohol. Sesekali berwisata ringan sekitar rumah atau tempat terdekat.
  6. Bijak menerima informasi.
    Banyaknya informasi berkaitan pandemi bahkan berita-berita yang belum tentu juga kebenarannya menambah stres, pahami, pilih dan pilah bahkan jangan ikut share info tersebut.
ADVERTISEMENT
Semoga kita selalu disehatkan baik fisik maupun mental..Aamiin
Asep Totoh - Dosen Ma'soem University, Kepala HRD Yayasan Pendidikan Bakti Nusantara 666
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white