Strategi Pemasaran Omni Channel

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 21:43
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Atika Juniati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Strategi Pemasaran Omni Channel (46279)
zoom-in-whitePerbesar
sumber: paxels
ADVERTISEMENT
Pandemi mewajibkan masyarakat untuk diam di dalam rumah, tidak boleh berbelanja terlalu lama ataupun kegiatan lainnya yang di luar rumah. Sehingga banyak perusahaan yang mengalami penurunan dalam pemasukan, karena tidak banyak orang yang membeli produk dari perusahaan.
ADVERTISEMENT
Salah satu strategi marketing yang sedang marak digunakan pada saat pandemi yaitu strategi Omnichannel. Omnichannel menggunakan basic digital. Omnichannel adalah suatu sistem dalam strategi pemasaran untuk memungkinkan pembeli atau konsumen menggunakan lebih dari satu channel penjualan milik perusahaan. Dalam strategi Omnichannel yang menggunakan basic digital biasanya menggunakan channel e-commerce seperti shopee dan tokopedia, serta menggunakan media sosial seperti instagram.
Dengan menggunakan strategi Omnichannel, pembeli lebih leluasa dalam menjelajahi toko dengan santai, misalnya saja pembeli bisa melihat dengan jelas melalui media sosial atau e-commerce yang telah disediakan. Kemudian, dia akan meng "click" salah satu produk yang dia inginkan di aplikasi shopee. Selanjutnya, setelah menyelesaikan pesanan melalui desktop atau smartphone, ia dapat membayarkan total belanjaanya melalui transaksi online atau lainnya. Dan hanya menunggu beberapa hari di dalam rumah, pesanan akan sampai dengan mudahnya ketangan konsumen. Strategi Omnichannel ini memudahkan konsumen dalam berbelanja, sehingga sangat efisien dan mudah.
ADVERTISEMENT
Omnichannel yang berbasic digital ini membawa customer online datang ke web atau toko online yang sudah disediakan dari masing-masing toko. Contoh perusahaan besar yang menggunakan strategi omni channel yaitu perusahaan Unilever Indonesia yang memproduksi bahan pokok dan alat kebutuhan rumah tangga. Perusahaan Unilever Indonesia mempunyai akun shopee yang bernama @Unilever Indonesia Official Shop. Di dalam akun tersebut banyak menjual produk yang diproduksi oleh perusahaan Unilever seperti, perawatan untuk mandi, skincare, dan masih banyak perawatan untuk tubuh lainnya.
Selain menggunakan e-commerce seperti shopee, perusahaan Unilever Indonesia menggunakan media sosial untuk strategi pemasarannya yaitu instagram yang bernama @unileveridn. Tujuan dibuatnya akun instagram perusahaan Unilever Indonesia selain untuk memberikan informasi tentang perusahaan kepada masyarakat luas, akun tersebut juga bertujuan untuk memberikan inspirasi gaya hidup ramah lingkungan dan sosial.
ADVERTISEMENT
Keuntungan menggunakan strategi Omnichannel tidak hanya membantu konsumen agar berbelanja dengan mudah, tetapi juga memungkinkan untuk memberikan pengalaman yang konsisten untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, sehingga mendorong penjualan yang lebih besar. Omnichannel dapat membantu meningkatkan laba perusahaan dan loyalitas pelanggan.
Itulah tadi ulasan mengenai strategi marketing dengan Omnichannel, semoga bermanfaat.