Antisipasi Abrasi Pantai Menara, DLH Beltim Tanam Cemara Laut

Konten Media Partner
30 Januari 2021 19:27 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana kegiatan penanaman pohon cemara laut di Pantai Menara, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.
zoom-in-whitePerbesar
Suasana kegiatan penanaman pohon cemara laut di Pantai Menara, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.
ADVERTISEMENT
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Beltim melaksanakan kegiatan penanaman pohon cemara laut di Pantai Menara, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Upaya tersebut untuk meminimalisir dan mengantisipasi gelombang pasang dan banjir rob.
ADVERTISEMENT
Bertemakan “Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Antar Lembaga” acara tersebut diikuti oleh berbagai unsur yang ada di Beltim seperti, Satpolair Polres Beltim, PT Timah (Persero) Tbk, Pramuka Saka Kalpataru Beltim, Karang Taruna Kater Pelangi, Pokdarwis dan Masyarakat Desa Baru.
Kepala DLH Kabupaten Belitung Timur, Novis Ezuar mengatakan pelaksanaan program ini tidak dapat terlaksana tanpa dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Pemilihan pohon cemara laut dipercayai, selain pertumbuhannya cepat dan mampu menahan abrasi, juga dapat memperindah lokasi pantai yang biasa dijadikan tempat wisata atau rekreasi keluarga.
"Tentunya ini semua bisa terlaksana dengan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak, dari mulai pemerintah, pihak swasta, komunitas masyarakat, bahkan juga akademisi dan rekan-rekan media," ungkapnya.
Novis berharap kegiatan semacam dapat berkelanjutan, tidak hanya di Pantai Menara saja, tetapi di daerah-daerah lainnya. Pemilihan lokasi tersebut menurut Novis Ezuar, dikarenakan Pantai Menara merupakan salah satu pesisir pantai yang biasa terkena dampak gelombang pasang dan banjir rob.
ADVERTISEMENT
"Kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu juga menyebabkan kerusakan pada fasilitas umum, infrastruktur dan beberapa rumah penduduk. Kami survei untuk penanaman selanjutnya, termasuk juga penanaman pohon bakau," katanya.
Dengan adanya penanaman pohon ini menurutnya merupakan salah satu cara penanggulangan bencana, terutama gelombang pasang dan banjir rob.
"Semoga dengan apa yang kita ikhtiarkan bersama ini bisa memberikan perbaikan bagi kelestarian dan keberlangsungan lingkungan hidup yang berkelanjutan, serta tentu pada akhirnya bisa mensejahterakan masyarakat Belitung Timur," harapnya.
Sementara itu, salah satu partisipan dari unsur pemuda, Ketua Karang Taruna Desa Baru Jionda memberi dukungannya terhadap kegiatan penanaman pohon di desanya tersebut.
“Saya mewakili Karang Taruna Desa Baru sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Jionda.
ADVERTISEMENT
Dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya abrasi di bibir Pantai Menara serta mendorong pemuda di Desa Baru untuk sadar dan peduli lingkungan.
“Bagi saya pemuda sangat perlu dilibatkan dalam acara semacam ini, biar kita sebagai pemuda juga peduli terhadap lingkungan di sekitar kita,” ujarnya.