Positive Thinking? Kenali Cara Berpikir

Mahasiswa Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
18 Desember 2021 17:11
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Badiah Khairanih tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Unsplash
ADVERTISEMENT
Apakah kamu juga mengalaminya? Misalnya, kamu khawatir pasangan kamu selingkuh di belakang kamu? Atau kamu khawatir sifat dia berubah ke kamu?
ADVERTISEMENT
Satu hal yang harus kamu nih, sikap terlalu khawatir itu tak pernah membawa dampak positif , melainkan ini merupakan contoh pikiran negatif dan salah satu alasan mengapa berpikir positif harus dilakukan karena perilaku ini cara terbaik untuk kamu memiliki kehidupan yang baik dan tenteram pada diri kamu sendiri.
Tidak hanya itu, orang yang berpikir positif juga dapat memperoleh keuntungan pada dirinya, seperti kamu mudah mengatasi stres, daya tahan tubuh kamu semakin kuat, dan juga risiko penyakit berkurang.
Berbicara tentang berpikir positif ( positive thinking ). Apa itu berpikir positif? Menurut Albrecht (dalam Damayanti, 2011) berpikir positif merupakan pemusatan perhatian pada hal-hal positif dan menggunakan bahasa yang positif untuk mengekspresikan pikiran. Berpikir positif dapat membuat individu memusatkan perhatian hal-hal positif dengan masalah yang dihadapinya, merasa tenang, rileks dan dapat menyesuaikan diri sehingga dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Lalu apa saja penyebab pikiran negatif itu muncul? Yuk, kita simak baik-baik.
ADVERTISEMENT
Pikiran-pikiran negatif yang sering kali muncul dapat menyebabkan stres, cemas maupun depresi obsesif. Sumber permasalahan berupa pola pikir yang negatif terhadap diri, lingkungan dan masalah yang dihadapi pada hakikatnya merupakan suatu ancaman bagi keberlangsungan hidup sehingga individu perlu mengantisipasinya (Stallard, 2005). Dan mengapa pikiran negatif muncul dapat menyebabkan stres? Yuk kita simak apa itu stres.
Stres menurut Bartsch dan Evelyn (2005) adalah ketegangan, beban yang menarik seseorang dari segala penjuru,tekanan yang dirasakan pada saat menghadapi tuntutan atau harapan yang menantang kemampuan seseorang untuk mengatasi atau mengelola hidup. Dalam pengertian tersebut jelas perlu adanya strategi dalam menghadapi stres agar seseorang mampu melanjutkan hidupnya dengan sehat. Ketika individu mengalami stres sering kali tidak memiliki kemampuan mengatasi atau melakukan strategi dengan tepat, sehingga permasalahan yang dihadapi tidak mampu diselesaikannya.
ADVERTISEMENT
Apa saja, sih dampak yang bisa ditimbulkan dengan negative thinking ?
Pasti nya masih banyak kan yang belum tahu bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan pikiran yang negatif?. Yuk,simak penjelasan berikut. Tidak jarang nih dari kita akan menimbulkan prasangka buruk terhadap orang lain dan berakhir dengan tidak disukai oleh orang lain karena pikiran negatif kamu sendiri. Tak luput dengan pikiran negatif ini bisa membuat kesehatan kamu terpuruk,waktu kamu terbuang sia-sia, kamu susah melangkah untuk maju, dan tubuh kamu akan terasa lemas.
Lalu,bagaimana sih caranya agar selalu berpikir positif?
Hindari pikiran negatif
Apa yang kamu pikirkan pada diri sendiri ini sangat memengaruhi mental kamu teman-teman, karena itu hindari pikiran dan perkataan negatif pada diri sendiri. Jika kamu telanjur terbiasa berpikir negatif, hancurkan kebiasaan itu segera.
ADVERTISEMENT
Misalnya, seperti kamu berusaha nahan ego pada diri kamu sendiri. Janganlah kamu berpikir negatif sebelum mengoreksi diri kamu, karena hal ini sangat tidak baik untuk pikiran dan suasana hati kamu.
Menonton atau menghibur hal yang membuat kamu bahagia
Terkadang hidup kamu penuh dengan pikiran negatif gara-gara tidak terbuka atau jarang sekali kamu terhadap humor bukan?. Cobalah untuk mendengar atau menonton humor seperti membuka video lucu, menonton film yang berisi komedi, dan hangout bersama teman-teman kamu untuk membuat diri kamu terhibur dan tertawa.
Sehingga terjauh dari pikiran-pikiran negatif. Hal sederhana ini dapat mengurangi stres kamu akibat pikiran atau situasi negatif.
Kembangkan sikap optimisme
Menerapkan sikap optimis pada kehidupan sehari-hari penting banget untuk dilakukan teman-teman. Karena orang yang memiliki sikap optimis cenderung memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, sehingga kualitas hidupnya pun cukup baik. Pasti semua orang ingin mempunyai kualitas hidupnya cukup baik bukan? Yuk, hindari pikiran negatif teman-teman.
ADVERTISEMENT
Selalu berlatih positive thinking
Pernah ga sih kamu susah untuk selalu positive thinking? Tentu tidak semua orang pasti bisa melakukannya .Hal ini tentu membutuhkan proses dan perjuangan, karena itu kamu perlu berlatih agar dapat menghilangkan perasaan yang negatif terhadap orang lain. Jangan pernah menyerah untuk mencoba hal yang baik. Teruslah berlatih.
Referensi :
Bartsch, K., & Evelyn (2005). The wounded healer (Terjemahan). Panji Graha, Semarang.
https://core.ac.uk/download/pdf/291850775.pdf
Stallard, P. (2005). A clinician’s guide to think good-feel good:using cbt with children and young people.West sussex: John Wiley & Sons
https://core.ac.uk/download/pdf/291850775.pdf
Damayanti, Sri Euis & Purnamasarim Alfi. (2011). Berpikir Positif dan Harga Diri Pada Wanita Yang Mengalami Masa Premenopause. Humanitas. Vol. VIII (2) 143-154
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020