kumparan
20 November 2019 21:06

Dekranasda Kalsel Gelar Lomba Desain Kain Sasirangan

IMG-20191120-WA0114.jpg
Ketua Dekranasda Kalsel, Hj Raudatul Jannah melihat lomba desain kain sasirangan, Rabu (20/11/2019). Foto: Humpro Kalsel
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba desain motif dan pewarnaan kain sasirangan se-Kalsel tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini dibuka Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin di Gedung Dekranasda Provinsi Kalsel, Banjarmasin pada Rabu (20/11/2019).
Menurut Hj Raudatul Jannah, digelarnya lomba desain dan pewarnaan kain sasirangan untuk merealisasikan program kerja Dekranasda Provinsi Kalsel. Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud nyata membudayakan cinta produk daerah dan meningkatkan keterampilan mendesain dan memadankan warna desain sasirangan.
Ia berkata, tampilan seluruh desain sasirangan yang dipamerkan sudah menunjukkan adanya kreasi kain sasirangan yang baik dan bagus serta memiliki nilai jual.
"Kain sasirangan merupakan kain khas Kalsel, sehingga kita harus terus berupaya mempertahankan eksestensinya, meningkatkan kreatifitas, sehingga dapat menambah daya jual," ungkap Hj Raudatul Jannah lewat rilis resmi, Rabu (20/11).
Hj Raudatul Jannah berharap lomba ini bisa meningkatkan dan menumbuhkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kalsel.
ADVERTISEMENT
"Melalui lomba ini, kita harapkan bisa memotivasi dan meningkatkan kualitas sasirangan, kain khas kebanggan banua," harapnya.
Setelah penilaian dewan juri pemenang Lomba Desain dan Pewarnaan Sasirangan se-Kalsel, kategori pewarna kimia berhasil dimenangkan Banjarmasin sebagai juara I, juara II Banjarbaru, dan Tapin juara III.
Adapun kategori pewarna alami berhasil dimenangkan oleh Kabupaten Barito Kuala sebagai juara I, HSU juara II, dan Kabupaten Kotabaru juara III. (adv)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan