News
·
9 Juni 2021 13:01
·
waktu baca 2 menit

Akses 5G di Batam Masih Terbatas untuk Perangkat dan Wilayah Tertentu

Konten ini diproduksi oleh BATAMNEWS
Akses 5G di Batam Masih Terbatas untuk Perangkat dan Wilayah Tertentu (16022)
searchPerbesar
Ilustrasi. (Foto: Freepik)
Batam, Batamnews - Layanan 5G sudah bisa dinikmati warga Batam, Kepulauan Riau. Namun demikian, jaringan 5G baru bisa diakses oleh perangkat dan wilayah tertentu.
ADVERTISEMENT
Akses 5G di Batam dimotori oleh Telkomsel dan diluncurkan di Grapari Batam pada Senin (7/6/2021) kemarin. Peluncuran ini dilaksanakan secara serentak di lima kota yaitu Surabaya, Makassar, Bandung dan Denpasar.
Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan perluasan layanan Telkomsel 5G dilakukan secara bertahap dan terukur, sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital.
“Layanan 5G untuk sementara waktu masih mencakup wilayah Grapari dan Batam Centre,” ujar Dharma dalam siaran pers yang diterima Batamnews.
Kehadiran layanan Telkomsel 5G di lima kota menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai operator pertama di Indonesia (the first 5G operator in Indonesia). Sehingga harapannya bisa menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan sejumlah peluang.
ADVERTISEMENT
“Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik,” kata dia.
Dharma menambahkan bahwa hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut.
Salah satunya, sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan.
“Layanan 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0, melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri,” jelasnya.
Sementara itu, terkait kesiapan perangkat 5G di pasaran, kini sudah hadir serangkaian gawai yang kompatibel untuk mendukung layanan Telkomsel 5G dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.
ADVERTISEMENT
“Ke depan, Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung,” sebutnya.
Untuk tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.
(ret)
Baca berita lainnya di www.batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di