Gibran Tegaskan Jokowi Tak Akan Maju Jadi Cawapres pada 2024

Konten Media Partner
4 Oktober 2022 10:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. FOTO:Fernando Fitusia
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. FOTO:Fernando Fitusia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa sang ayah, Presiden Jokowi tidak akan maju sebagai cawapres pada pemilu 2024 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Ora (tidak menjadi cawapres), wacananya siapa?" kata Gibran mempertanyakan hal tersebut.
"Yo salahno seng gaungke (Ya salahkan yang menggaungkan)," sambungnya ketika dikonfirmasi, Selasa (04/10/2022).
Bahkan Gibran menyebut tidak pernah ada obrolan dengan Presiden Jokowi terkait keinginan maju lagi sebagai capres maupun cawapres. "Sama dengan tiga periode (nggak mau), (mau istirahat) iya," jelasnya.
Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga tidak mendukung apabila Jokowi maju lagi sebagai cawapres. "Nggak mendukung," tandasnya.
Sanggahan tersebut dikatakan Gibran menyusul pernyataan juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar laksono yang menyatakan presiden yang sudah menjabat selama dua periode bisa menjadi cawapres untuk periode berikutnya.
Seperti diketahui pula, isu ini sempat ramai diperbincangkan usai PDI Perjuangan melempar sinyal kemungkinan Jokowi menjadi wakil presiden setelah menuntaskan masa jabatannya sebagai kepala negara.
ADVERTISEMENT
Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto mengatakan bahwa Jokowi bisa saja menjadi wakil presiden tahun 2024. Dengan syarat harus diajukan oleh partai politik tempatnya bernaung.
Namun, itu pun tergantung apakah Jokowi ingin menggunakan peluang tersebut atau tidak. Menurutnya itu adalah keputusan Jokowi sendiri.
(Fernando Fitusia)