kumparan
21 Januari 2019 14:42

5 Kebaikan Istri Ustaz Maulana yang Tidak Akan Dilupakan Orang

Istri Ustaz Maulana. (Foto: kumparan/Instagram/@m_nur_maulana)
Berita duka datang dari keluarga Ustaz Muhammad Nur Maulana atau lebih dikenal dengan Ustaz Maulana. Istrinya, Nuraliyah Ibnu Hajar, tutup usia pada Minggu (20/1). Istri Ustaz kondang itu meninggal di Rumah Sakit Bayangkara Makassar, sekitar pukul 16.21 WITA pada usia 41 tahun.
ADVERTISEMENT
Nuraliyah adalah sosok istri yang luar biasa bagi Ustaz Maulana. Tidak hanya baik bagi keluarga, ia juga juga dikenal memiliki hati mulia bagi banyak orang. Oleh sebab itu, banyak cerita indah yang ditinggalkannya sebelum tutup usia.
Seperti yang sempat dituliskan oleh Oki Setiana Dewi dalam unggahannya di Instagram pribadinya yang menceritakan kebaikan Ustaz Maulana dan sang istri, Nuraliyah. Oki menceritakan bahwa sosok Nuraliyah hampir tidak pernah menyulitkan orang lain. Sebaliknya, perempuan itu kerap membantu banyak orang.
Berikut 5 kebaikan istri Ustaz Maulana yang tidak akan dilupakan oleh orang lain.
1.Umrahkan 40 Orang
Oki Setiana Dewi menceritakan bahwa pada November 2018 lalu, Nuraliyah meminta izin kepada suaminya, Ustaz Maulana untuk Umrah. Bukan hanya untuk dirinya, ia juga mengutarakan keinginannya untuk turut mengumrahkan sebanyak 40 orang. Padahal, saat itu, Nuraliyah dalam kondisi mengidap penyakit kanker usus.
ADVERTISEMENT
Niat mulia untuk umrahkan 40 orang itu pun akhirnya diiyakan oleh Ustaz Maulana. Terlebih dari itu, bahwa kecintaannya terhadap Nuraliyah sangatlah besar. Ia merasa tidak akan mengahalangi niat baik sang istri, sementara mampu melakukannya.
2. Bangun Masjid 4 Lantai
Sebelum meninggal, istri Ustaz Maulana juga sempat membangun masjid empat lantai. Masjid yang dibangunnya itu berada di Jalan Satando, Makassar, berada 500 meter tidak jauh dari kediamannya. Kabarnya, masjid itu dinaungi oleh Yayasan Nurul Amal yang juga didirikan oleh Nuraliyah sendiri.
3. Menjual Satu Rumah untuk Bangun Sekolah
Loading Instagram...
Tak hanya masjid, Nuraliyah juga mendirikan yayasan. Yayasan itu diperuntukkan bagi anak-anak dalam bidang pendidikan secara gratis. Ia adalah ketua yayasan itu sekaligus mengajar beberapa mata pelajaran.
ADVERTISEMENT
Dibalik gedung yayasan yang sukses memberikan pendidikan secara gratis dan masjid 4 lantai yang menjulang tinggi itu ada hati lapang yang dimiliki oleh Nuraliyah. Seperti yang diceritakan oleh Ustaz Maulana saat berada di rumah duka, di Makassar bahwa istrinya rela menjual salah satu rumahnya untuk membangun yayasan. Sebagian hasil dari penjualan rumah itu juga digunakan untuk pembangunan masjid.
4. Bagikan Uang Rp 200 Juta Kepada Warga
Foto: Instagram/@okisetianadewi
Lebih lanjut, Ustaz Maulana juga menceritakan banyak hal kebaikan yang telah dilakukan mendiang istrinya semasa hidup. Ustaz kondang yang kerap muncul di layar televisi itu menceritakan bahwa beberapa perhiasan emas yang dimiliki Nuraliyah dengan ringan dikeluarkan untuk pembangunan masjid. Ia juga menambahkan bahwa sang istri juga pernah membagikan uang sebanyak Rp 200 juta yang dimilikinya kepada warga.
ADVERTISEMENT
5. Kesetiaan Menunggu 14 Tahun untuk Menikah dengan Ustaz Maulana
Ustaz Maulana dan istrinya Nuraliyah Ibnu Hajar (Foto: kumparan/Instagram )
Terlepas dari segala kebaikan yang ada pada mendiang istrinya, Nuraliyah adalah orang sangat berharga bagi Ustaz Maulana. Tidak mudah kisah perjalan keduanya hingga akhirnya dipersatukan dalam mahlighai rumah tangga. Butuh waktu setidaknya 15 tahun untuk menjadi sah sebagai pasangan suami-istri.
Ustaz Maulana dan Nuraliyah sebelumnya adalah santri yang sama-sama mondok di Pesantren An Nadlah, Makassar. Lantaran berada di lingkungan pesantren, maka keduanya pun tidak saling dekat. Hingga waktu berjalan selama 14 tahun lamanya.
Ketika ibu Ustaz Maulana menanyakan perihal calon istri, dengan mantap ia mengatakan bahwa telah memiliki gadis pujaan. Kebetulan juga belum lama dari saat itu keduanya sempat kembali bertemu pada sebuah acara di pesantren. Tidak berselang lama ibu Ustaz Maulana pun datang ke rumah Nuraliyah dengan naik becak. Tujuannya adalah melamar Nuraliyah untuk anaknya, Ustaz Maulana.
ADVERTISEMENT
Diketahui bahwa istri Ustaz Maulana meninggal lantaran menderita kanker. Beberapa kali ia memang kerap keluar-masuk rumah sakit hingga membutuhkan penanganan medis yang serius. Rencananya, hari ini, Senin (21/1) ia dijadwalkan dibawa ke Penang, Malysia, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hanya saju tuhan berkehendak lain. Lebih lanjut, jenazah Nuraliyah kabarnya akan dimakamkan di samping makam ibunya.
(zhd)
Baca lebih banyak berita mengenai artis/seleb/sepak bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan