Kaleidoskop - Daftar Selebriti Dunia yang Mengidap COVID-19 di 2020

Membicarakan apa saja seputar artis
Konten dari Pengguna
1 Januari 2021 18:02
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Artis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dwayne Johnson Foto:  REUTERS/Mario Anzuoni
zoom-in-whitePerbesar
Dwayne Johnson Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
ADVERTISEMENT
Pandemi COVID-19 melanda dunia sepanjang 2020. Tak cuma masyarakat biasa, sejumlah selebriti dunia juga terpapar virus corona.
ADVERTISEMENT
Beberapa dari para selebriti tersebut harus menunda pekerjaan karena harus menjalani karantina. Kendati demikian, sebagian besar dari mereka telah dinyatakan sembuh dan dapat kembali melanjutkan pekerjaan.
Berikut ini daftar selebriti dunia yang mengidap COVID-19 di tahun 2020.

1. Tom Hanks dan Rita Wilson

Tom Hanks dan Rita Wilson Foto: Instagram/@ritawilson
zoom-in-whitePerbesar
Tom Hanks dan Rita Wilson Foto: Instagram/@ritawilson
Tom Hanks dan istrinya, Rita Wilson, merupakan dua selebriti dunia pertama yang dinyatakan terpapar virus corona atau SARS-CoV-2. Keduanya dikabarkan terjangkit COVID-19 saat berada di Australia.
Hanks dan Wilson harus menjalani karantina selama beberapa minggu di Australia. Melalui Twitter, Hanks mengumumkan bahwa dirinya sudah benar-benar pulih pada 28 Maret 2020.
Bukan cuma pulih, Hanks dan Wilson juga diperbolehkan untuk pulang ke kampung halamannya di Amerika Serikat. Namun, mereka tetap menjaga diri dan melakukan social distancing.
ADVERTISEMENT
Saat sudah di Amerika Serikat, Wilson dan Hanks sempat tertangkap kamera sedang berjalan-jalan menggunakan mobil. Ekspresi keduanya terlihat sangat berbahagia dan senang.

2. Idris Elba

Idris Elba dan istrinya, Sabrina Dhowre. Foto: AFP/ANGELA WEISS
zoom-in-whitePerbesar
Idris Elba dan istrinya, Sabrina Dhowre. Foto: AFP/ANGELA WEISS
Aktor Idris Elba dinyatakan positif COVID-19 pada Maret 2020 lalu. Tak sendirian, sang istri, Sabrina Dhowre juga terjangkit virus corona.
Elba dan Dhowre sempat menjalani karantina di sebuah rumah di kawasan New Mexico, AS. Rumah tersebut dekat dengan lokasi syuting film terbaru Idris Elba, The Harder They Fall.
Sejak dinyatakan positif corona, Elba rajin meng-update kondisi terbarunya lewat Twitter. Setelah melewati beberapa hari masa karantina, Elba dan Dhowre dinyatakan sudah pulih dan dipastikan negatif COVID-19.

3. Olga Kurylenko

Olga Kurylenko. Foto: Loic VENANCE / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Olga Kurylenko. Foto: Loic VENANCE / AFP
Olga Kurylenko juga sempat positif COVID-19. Bintang film James Bond: Quantum of Solace ini pun langsung mengisolasi diri di rumah ketika mengetahui kondisinya tersebut.
ADVERTISEMENT
Proses penyembuhan Kurylenko terbilang cepat. Sebab, perempuan berusia 40 tahun itu terus menjaga asupan gizi dan sama sekali tidak berinteraksi dengan orang luar.
Padahal, saat terjangkit, Kurylenko sempat mengalami demam yang cukup parah. Kurylenko bahkan menjadi selebriti dunia pertama yang diketahui sembuh dari COVID-19. Hal itu membuatnya sangat bersyukur.
"Aku sudah sembuh, teman-teman! Aku masih terus menggunakan masker agar tidak terjangkit lagi atau justru menjangkiti orang lain," katanya di Instagram.

4. Kristofer Hivju

Kristofer Hivju. Foto: Getty Images/Rich Polk
zoom-in-whitePerbesar
Kristofer Hivju. Foto: Getty Images/Rich Polk
Kristofer Hivju sempat terjangkit COVID-19 ketika berada di kampung halamannya, Norwegia. Selama berminggu-minggu, Hivju sempat tidak keluar rumah. Istrinya pun turut berada di rumah guna merawat sang suami.
Setelah beberapa waktu berselang, pemeran Tormund di serial Game of Thrones itu membeberkan bahwa ia sudah sembuh total. Melalui Instagram, ia memberitahukan kabar baik tersebut.
ADVERTISEMENT
"Hai! Kami sudah sembuh total dan dalam keadaan yang baik setelah aku terinfeksi virus corona dan kemungkinan besar, istriku @grymolvaerhivju. Setelah beberapa minggu dikarantina, dan juga terus berada di dalam ruangan, kami terbebas dari semua gejala. Kami akhirnya aman dan sehat. Kami beruntung merasakan gejala yang tidak parah," tulis Kristofer Hivju.

5. Rachel Matthews

Rachel Matthews. Foto: Instagram / @rachellynnmatthews
zoom-in-whitePerbesar
Rachel Matthews. Foto: Instagram / @rachellynnmatthews
Aktris Rachel Matthews beberapa bulan lalu mengumumkan bahwa dirinya positif corona. Perempuan yang dikenal sebagai pengisi suara Honeymare di film Frozen 2 ini mengungkapkan kabar tersebut lewat akun Instagram pribadinya.
Dalam unggahan tersebut, Rachel menceritakan dirinya yang melakukan serangkaian tes sampai dirinya dinyatakan positif corona. Dia juga memberikan informasi hal-hal yang berkaitan dengan virus corona yang dialaminya.
ADVERTISEMENT
Mulai radang tenggorokan, sakit kepala, rasa sakit yang tajam di paru-paru, hingga kehilangan nafsu makan menjadi beberapa gejala yang sempat dia rasakan. Tak ketinggalan Rachel juga mengajak penggemarnya untuk tetep waspada.
"Jika kamu memiliki gejala tetapi tidak dapat melakukan tes, perlakukan saja dirimu seolah-olah kamu memang positif corona," ucap Rachel Matthews.

6. Pink

Pink Foto:  REUTERS/Danny Moloshok
zoom-in-whitePerbesar
Pink Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Penyanyi Pink sempat dinyatakan positif COVID-19. Tidak sendirian, anaknya yang baru berusia tiga tahun, Jameson Moon Hart juga terjangkit penyakit yang disebabkan virus corona atau SARS-CoV-2 itu.
Pink sembuh dalam waktu yang relatif cepat. Ia pun kemudian memberi donasi hingga miliaran rupiah ke organisasi yang aktif menolong korban COVID-19.
Dalam suatu kesempatan, dia mengunggah kegiatannya tengah sibuk memasak sup untuk korban-korban COVID-19 yang kekurangan dan tunawisma. Dia berusaha menginspirasi para penggemarnya lewat kegiatan yang dia lakukan.
ADVERTISEMENT
"Cari gereja lokal atau rumah penampungan bagi tunawisma, hubungi mereka, ajak teman-teman, dan mulailah memasak sup," ujarnya.

7. Daniel Dae Kim

Daniel Dae Kim Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Daniel Dae Kim Foto: Shutterstock
Aktor Daniel Dae Kim sempat dinyatakan mengidap COVID-19. Ketika itu, Dae Kim tengah berada di lokasi syuting di kawasan New York, Amerika Serikat.
Ketika pandemi, Dae Kim pulang ke kampung halamannya di Hawai. Di sana Dae Kim mulai merasakan berbagai gejala, seperti batuk dan demam.
Setelah menjalani pemeriksaan, Dae Kim dinyatakan positif COVID-19. Dae Kim kemudian langsung mengumumkan kabar tersebut pada penggemarnya via Instagram.
Hanya beberapa hari dirawat, Dae Kim sudah dinyatakan sembuh. Ia mengunggah foto Dr. Phil Suh ke Instagram sebagai tanda terima kasih, karena sudah senantiasa melakukan perawatan intensif kepadanya.
ADVERTISEMENT

8. Colton Underwood

Colton Underwood. Foto: Instagram @coltonunderwood
zoom-in-whitePerbesar
Colton Underwood. Foto: Instagram @coltonunderwood
Bintang reality show Bachelor, Colton Underwood, mengumumkan bahwa ia positif COVID-19 pada 21 Maret 2020 lalu. Underwood mengumumkan kabar tersebut melalui akun Instagram.
Underwood sempat mengimbau agar para penggemarnya tidak ragu untuk mengisolasi diri. Underwood menilai hal tersebut tentunya akan sangat berguna untuk mengindari penyebaran COVID-19.
"Aku pun sudah melakukan social distancing dari pacarku, Cassie Randolph. Jika berusaha, kita pasti bisa melalui ini semua," ujar Underwood.

9. Andy Cohen

Andy Cohen. Foto: Instagram/@bravoandy
zoom-in-whitePerbesar
Andy Cohen. Foto: Instagram/@bravoandy
Andy Cohen juga mengumumkan bahwa dirinya positif COVID-19 pada 21 Maret 2020 lalu. Pemandu acara Watch What Happens Live itu mengaku ia sudah merasa tidak enak badan selama berhari-hari sebelum akhirnya dinyatakan positif COVID-19 oleh tim medis.
Kondisi tersebut juga membuat proses syuting acara The Bravo yang saat ini dia pandu harus dihentikan. Cohen menilai langkah tersebut merupakan langkah terbaik yang bisa diambil.
ADVERTISEMENT
Pada 30 Maret lalu, ia menceritakan melalui Instagram bahwa kondisi kesehatannya sudah membaik. Ia pun sudah bisa kembali siaran dan kembali berkumpul dengan keluarga.
Proses penyembuhan diri Cohen tergolong cepat. Ketika siaran, dia memberi tahu pada banyak orang bahwa kesembuhan bisa ia dapat karena banyak mengkonsumsi air mineral dan vitamin C.

10. Debi Mazar

Debi Mazar Foto: Valerie Macon / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Debi Mazar Foto: Valerie Macon / AFP
Debi Mazar menjadi salah satu selebriti Hollywood yang terpapar COVID-19. Bintang film Home Alone itu mengumumkan kabar tersebut melalui Instagram.
Tak sendirian, menurut Mazar, anak dan suaminya juga turut terjangkit virus corona. Mazar sebetulnya merasa sudah tertular sejak akhir Februari dan mulai sakit sejak 15 Maret lalu.
Setelah sudah merasa lebih baik, Mazar dan keluarganya memilih tetap menjalani isolasi mandiri. Dia mengimbau para fans untuk melakukan karantina mandiri di rumah sebagai langkah pencegahan.
ADVERTISEMENT

11. David Bryan

David Bryan. Foto: Instagram/  @davidbryanmusic
zoom-in-whitePerbesar
David Bryan. Foto: Instagram/ @davidbryanmusic
Kibordis sekaligus penulis lagu dari band Bon Jovi, David Bryan, juga sempat dinyatakan positif COVID-19. Bryan mengaku melakukan tes corona karena merasa sakit selama satu minggu.
Kabar tersebut pertama kali dia ungkap melalui Instagram. Usai menjalani penanganan, kondisi kesehatan Bryan pun berangsur-angsur membaik.
"Aku telah mengarantina diri selama seminggu dan akan terus melakukannya selama satu minggu ke depan. Setelah itu, aku akan melakukan tes corona lagi agar yakin, penyakit ini sudah hilang," kata Bryan.

12. Harvey Weinstein

Harvey Weinstein. Foto: REUTERS/Lucas Jackson
zoom-in-whitePerbesar
Harvey Weinstein. Foto: REUTERS/Lucas Jackson
Produser Harvey Weinstein beberapa waktu lalu divonis penjara 23 tahun karena kasus pelecehan seksual. Di dalam penjara, Weinstein dikabarkan dinyatakan postif corona pada Maret 2020 lalu.
Weinstein sempat diisolasi di Wende Correctional Facility, Buffalo, New York. Kabarnya, Weinstein tertular dari dua narapidana yang sebelumnya sudah dinyatakan positif COVID-19.
ADVERTISEMENT

13. Robert Pattinson

Robert Pattinson. Foto: FADEL SENNA / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Robert Pattinson. Foto: FADEL SENNA / AFP
Aktor Robert Pattinson beberapa waktu lalu dikabarkan terinfeksi virus corona. Kabar tersebut kian menyeruak di tengah produksi film The Batman di London, Inggris.
Juru bicara Warner Bros. tidak berkomentar khusus terkait siapa seorang tim produksi yang dinyatakan positif corona. Namun, Vanity Fair telah mengkonfirmasi dari berbagai sumber bahwa Pattinson-lah yang dinyatakan positif.
Proses syuting The Batman di London harus ditunda sementara. Padahal, produksi film drama superhero ini baru dilanjutkan beberapa hari, usai ditunda sejak Maret lalu karena pandemi corona.
Robert Pattinson menjadi aktor utama dalam film garapan sutradara Matt Reeves. Ia berperan sebagai Bruce Wayne alias Batman.
Pada Oktober lalu, Pattinson akhirnya kembali melakukan proses syuting film tersebut. Ia tampak kembali melakukan syuting di Liverpool, Inggris.
ADVERTISEMENT

14. Dwayne Johnson

Dwayne Johnson Foto: Instagram/@therock
zoom-in-whitePerbesar
Dwayne Johnson Foto: Instagram/@therock
Aktor Dwayne Johnson dan keluarganya dinyatakan positif corona. Hal ini membuat mereka harus menjalani isolasi.
Ia kemudian berhasil sembuh dan sudah kembali menjalankan aktivitas syuting film terbarunya berjudul Red Notice.
Adik ipar sekaligus produser film, Hiram Garcia, yang menyampaikan kabar tersebut melalui Instagram. Garcia menyatakan bahwa Dwayne sudah pulih total dan aktif dalam lokasi syuting.

15. Antonio Banderas

Antonio Banderas. Foto: AFP/GABRIEL BOUYS
zoom-in-whitePerbesar
Antonio Banderas. Foto: AFP/GABRIEL BOUYS
Aktor asal Spanyol Antonio Banderas juga sempat dinyatakan positif COVID-19. Kabar tersebut dia umumkan melalui Twitter.
Pengumuman tersebut dia buat ketika memperingati hari ulang tahun ke-60 pada 10 Agustus lalu. Banderas harus menjalani karantina karena kondisinya tersebut.
Meski demikian, Banderas mengaku dalam keadaan yang cukup sehat, walau tentu tidak seperti biasanya. Pemain film The Mask of Zorro itu juga mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan waktu karantina mandiri untuk membaca dan juga menulis.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020