3 Manfaat Membayar Pajak Tepat Waktu

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 13:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pajak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pajak. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Pajak merupakan pungutan yang sifatnya wajib untuk dibayarkan oleh warga kepada negara. Pajak tersebut difungsikan untuk menutupi segala biaya yang dikeluarkan oleh negara.
ADVERTISEMENT
Rakyat tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung karena pajak tidak digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan kepentingan umum.
Meski begitu, penting bagi warga negara untuk membayar pajak tepat waktu. Kewajiban bagi warga negara untuk membayar pajak tepat waktu termaktub dalam Pasal 23A UUD 1945.
Lantas, apa manfaat membayar pajak tepat waktu? Simak terus uraian artikel ini untuk mengetahui dampak positif yang bisa dirasakan warga apabila membayar pajak tepat waktu.

Manfaat Membayar Pajak Tepat Waktu

Ilustrasi pajak. Foto: Pexels
Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga negara dalam hal perpajakan. Sebab, membayar pajak tepat waktu akan memberikan berbagai manfaat bagi negara, di antaranya:

1. Pengadaan Fasilitas Sosial yang Memadai

Membayar pajak tepat waktu dapat memberikan jaminan pertahanan dan keamanan dalam bentuk fasilitas sosial yang memadai. Fasilitas sosial tersebut berupa militer atau kepolisian, yang di mana pegawainya digaji dari pajak.
ADVERTISEMENT

2. Pembangunan yang Berjalan dengan Baik

Pembayaran pajak memberikan dampak signifikan bagi kemajuan negara khususnya dalam pembangunan infrastruktur. Mengutip buku Panduan Praktis Mengurus Pajak secara Online: Daftar, Bayar, Lapor, karya Dr. Nufransa Wira Sakti dan Zulfa Simatur, manfaat dari pembayaran pajak bisa dirasakan secara bersama-sama oleh masyarakat dalam bentuk pembangunan fasilitas umum.
Bentuk nyatanya adalah sarana infrastruktur seperti jalan, jembatan, bendungan, pelabuhan, dan taman. Tak hanya itu, pembangunan fasilitas umum dan penting seperti sekolah hingga rumah sakit juga dapat berjalan dengan lancar.

3. Terjadinya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dikarenakan masyarakat yang tepat waktu bayar pajak, pajak bisa menghasilkan berbagai dana yang mana bisa dipakai untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis serta berkualitas, akses transportasi dan mobilitas yang mudah melalui pembangunan infrastruktur, hingga mendorong perekonomian negara.
ADVERTISEMENT

Fungsi Pajak bagi Negara

Iustrasi pajak. Foto: Pexels
Berdasarkan informasi yang dikutip dari buku Roots of wisdom: inti kebijakan karya Zicheng Hong dan Zhizhong Cai, fungsi pajak bagi negara adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
(NDA)