6 Franchise Terlaris untuk Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Juli 2022 12:51
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Franchise Kuliner Terlaris. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Franchise Kuliner Terlaris. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Memulai usaha di bidang kuliner yang menguntungkan bisa memilih opsi menjadi kemitraan franchise terlaris sebagai ide bisnis. Memanfaatkan trend makanan dan minuman kekinian, tak sedikit masyarakat yang ingin membuka usaha melalui bisnis waralaba dengan merek yang terkenal.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Strategi Membeli Bisnis Franchise tanpa Uang, Tanpa Utang oleh Tjipto Juanedy, menjelaskan franchise adalah konsep bisnis yang memberikan hak atau lisensi kepada individu atau kelompok untuk memasarkan produk berupa barang atau jasa perusahaan tertentu
Dapat disimpulkan bahwa usaha kemitraan franchise atau waralaba merupakan suatu bisnis untuk memperluas produk maupun jasa dengan cara membeli lisensi dagang. Nantinya mitra franchise akan membayar biaya awal atau royalti ke pemilik perusahaan tersebut untuk menggunakan merek dagang, logo, nama, dan juga sistem bisnisnya.
A. Yahya Hastuti dalam buku Bisnis Makanan dan Minuman, mengungkapkan salah satu kebutuhan pokok manusia, baik makanan maupun minuman akan selalu dicari. Usaha kuliner memiliki perkembangan yang dinamis sebagai ide bisnis.
ADVERTISEMENT
Melihat peluang usaha bisnis kuliner yang seakan tidak ada matinya, sebagian dari kita tentu tertarik untuk menjadi mitra dengan membuka franchise terlaris makanan dan minuman sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Rekomendasi Franchise Terlaris

Untuk mendapatkan keuntungan atau profit dari bisnis yang dijalankan, kamu harus memikirkan secara matang ide usaha yang ingin dikembangkan. Berikut ini ialah beberapa brand franchise terlaris yang bisa kamu jadikan opsi bisnis kuliner food and beverage.
1. Eatlah
Ilustrasi Franchise Eatlah. Foto: Foto: Instagram.com/@eatlahjkt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Franchise Eatlah. Foto: Foto: Instagram.com/@eatlahjkt
Rekomendasi franchise terlaris yang pertama adalah Eatlah yang didirikan tahun 2016 dan masih jadi incaran banyak anak muda sampai sekarang.
Untuk bergabung menjadi mitra, kamu perlu menyiapkan modal usaha sebesar Rp300-500 juta. Walau modal terbilang besar, tetapi omzet Eatlah dalam satu bulan bisa meraup keuntungan hingga miliaran rupiah. Silakan hubungi media sosial untuk informasi kemitraan lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
2. Tahu Go
Ilustrasi Tahu Go. Foto: Tahu Go.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tahu Go. Foto: Tahu Go.
Tahu Go merupakan salah satu bisnis kemitraan yang didirikan pada tahun 2019. Tahu Go juga memiliki proses produksi yang sederhana dan praktis dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dengan konsep produk tahu goreng kriuk yang dapat dimakan, baik sebagai pendamping makanan maupun cemilan.
Biaya yang diperlukan untuk mendaftar kemitraan Tahu Go sekitar Rp19.500.000. Kamu akan mendapatkan gerobak, peralatan masak, bahan untuk Tahu Go, seragam pegawai, kemasan, media promosi dan lainnya.
Kamu dapat mengunjungi media sosial resmi untuk informasi lebih lanjut. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi kontak WhatsApp yang tertera di website resmi www.tahugo.id apabila tertarik mendaftar menjadi mitra Tahu Go.
3. Sabana Fried Chicken
Ilustrasi Franchise Sabana. Foto: Dokumentasi Sabana Fried Chicken
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Franchise Sabana. Foto: Dokumentasi Sabana Fried Chicken
Sabana Fried Chicken merupakan merek dagang pengelolaan ayam goreng yang sudah terkenal sejak beberapa tahun silam. Bahkan sempat meraih penghargaan top brand di berbagai penghargaan sejak tahun 2010 hingga 2019, lho!
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Proposal Kemitraan Sabana Fried Chicken, harga bila ingin menjadi mitra yaitu hanya dengan membayar sebesar Rp22 juta. Kamu akan mendapatkan booth, plang usaha, serta training dan pembinaan mitra.
Selain itu, kamu juga akan memperoleh gerobak full stainless dan perlengkapan senilai Rp15.403.006. modal bahan baku untuk opening (terdiri dari 10 ekor ayam) senilai Rp1.596.994, biaya pendaftaran sebesar Rp 5.000.000 untuk mendapatkan media promosi berupa brosur, doorframe, banner, balon, merchandise.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengakses website di www.sabana.co.id atau menghubungi kontak yang tertera di nomor 0817-880-690 untuk mengetahui proposal kemitraan Sabana.
4. Street Boba
Franchise Street Boba. Foto: Street Boba
zoom-in-whitePerbesar
Franchise Street Boba. Foto: Street Boba
Untuk memulai usaha franchise boba dibutuhkan modal awal yang tinggi, di antaranya biaya perlengkapan awal sebesar Rp50 juta dan biaya kemitraan sebesar Rp200 juta dengan estimasi BEP 4 hingga 5 bulan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Proposal Franchise Opportunity oleh Street Boba, kamu akan mendapat desain standar yang disetujui oleh Street Boba, sistem POS kasir selama satu tahun, pelatihan, buku SOP, dan media promosi yang meliputi menu, banner, dan flyer
Akan tetapi, biaya tersebut belum termasuk perangkat kasir (tab android dan printer), bahan baku, sewa dan konstruksi, jasa design interior, perlengkapan untuk satu toko dan sistem SOP (Wajib).
Bila kamu berminat menjadi franchise Street Boba, silakan melakukan konsultasi maupun mengajukan pertanyaan melalui WhatsApp di nomor +62 811 9855 666 atau melalui alamat email [email protected]
5. Es Teh Indonesia
Ilustrasi Franchise Es Teh Indonesia. Foto: Foto: Instagram.com/@esteh.indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Franchise Es Teh Indonesia. Foto: Foto: Instagram.com/@esteh.indonesia
Belakangan ini banyak sekali gerai minuman yang menawarkan minuman teh dengan berbagai variasi sehingga menjadi minuman teh yang istimewa, salah satunya yakni brand lokal Es Teh Indonesia yang didirikan pertama kali tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Dana yang harus kamu persiapkan jika ingin bergabung menjadi franchise terlaris Es Teh Indonesia yakni sebesar Rp 120 juta. Biaya tersebut mencakup lisensi brand, modal untuk konstruksi outlet seperti peralatan, stok bahan baku, dan lainnya.
Untuk menjadi mitra, kamu harus mempunyai lokasi usaha yang strategis. Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi tim marketing di nomor 0812 7731 744 atau melalui email di [email protected] atau [email protected].
6. Kopi Kulo
Franchise Kopi Kulo . Foto: Dok. Kulo Group
zoom-in-whitePerbesar
Franchise Kopi Kulo . Foto: Dok. Kulo Group
Kedai Kopi Kulo adalah franchise minuman atau waralaba milik Kulo Group. Dengan biji kopi lokal dari Indonesia, Kulo menghadirkan minuman kopi dan non kopi yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.
Saat ini Kulo Group sudah memiliki 11 brand yaitu Kedai Kopi Kulo, Pochajjang, Kitamura, Mazeru, Oseng Mie Jontor, Bu Eva Spesial Sambal, dan kelima brand lainnya merupakan hasil kolaborasi dengan Mitra Boga Ventura (MBV) yaitu Xiji, Xiboba, Mo Tahu Aja, Ela Greek Doughnut, dan Absolutea yang sudah tersebar dari sabang sampai merauke.
ADVERTISEMENT
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi [email protected] atau dapat mengunjungi website resminya di laman kulogroup.com.
Itulah enam rekomendasi franchise makanan terlaris di Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai bisnis makanan dan minuman. Semoga bermanfaat!
Franchise apa yang murah?
chevron-down
Berapa biaya franchise Es Teh Indonesia?
chevron-down
Berapa biaya franchise Street Boba?
chevron-down
(SRS)