6 Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 15:14 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jalani usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sambil urus anak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jalani usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sambil urus anak. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Ada beragam pilihan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Beberapa peluang usaha bahkan tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dilakukan sambil urus anak.
ADVERTISEMENT
Dengan membuka usaha dari rumah, para ibu rumah tangga bisa menghasilkan cuan sekaligus mengurus anak. Berikut beberapa usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi jalani usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sambil urus anak. Foto: Pexels
Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat Indonesia punya kesempatan emas untuk mencari pendapatan tambahan dari rumah saja. Secara umum, bisnis rumahan adalah peluang usaha yang dijalankan dari rumah.
Apabila dijalani dengan tekun, bisnis rumahan bisa saja berkembang menjadi sebuah industri yang lebih besar. Bagi para ibu rumah tangga yang tertarik untuk membuka usaha dari rumah saja agar bisa sambil urus anak, berikut beberapa referensinya:

1. Katering Rumahan

Katering rumahan merupakan salah satu ide usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Manusia sekarang hidup serba praktis sehingga jasa boga sangat diperlukan.
ADVERTISEMENT
Katering rumahan bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan mengingat seseorang bisa melakukannya di dapur di dalam rumahnya.

2. Warung Makan

Warung makan adalah ide bisnis rumahan lain yang juga bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Untuk orang-orang yang memiliki tempat tinggal di daerah kos-kosan, penginapan, dan tempat wisata, warung makan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

3. Dropshiper

Seiring dengan maraknya pertumbuhan jual-beli online, dropship menjadi salah satu usaha rumahan yang kini banyak digeluti masyarakat. Secara umum, dropship adalah usaha menjual barang milik orang lain tanpa perlu membeli barang tersebut terlebih dahulu.
Dengan kata lain, dropship hanya menyalurkan barang saja, sehingga tidak memerlukan modal apa pun. Keuntungan dropship biasanya dari selisih harga antara yang harga jual dengan harga asli dari supplier.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi jalani usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sambil urus anak. Foto: Pexels

4. Laundry Pakaian

Peluang usaha yang satu ini juga sangat menggiurkan. Pasalnya, mobilitas yang tinggi seringkali membuat orang di daerah perkotaan tidak sempat mencuci pakaiannya. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun tidak banyak, kamu bisa menggunakan mesin cuci di rumah sebagai modal awal.

5. Sewa Jasa

Ide usaha rumahan lainnya yang cukup menguntungkan adalah menyewakan jasa atau keahlian yang dimiliki. Contohnya, apabila seseorang memiliki kemampuan dalam membuat desain grafis, merintis usaha yang menyewakan jasa desain grafis bisa menjadi pilihan.

6. Thrift shop

Beberapa tahun belakangan, thrift shop sedang menjadi bisnis yang naik daun. Bahkan, banyak sekali anak muda yang membuka bisnis ini lantaran dapat dimulai dengan modal kecil.
ADVERTISEMENT
Para ibu rumah tangga bisa mulai bisnis thrift shop dengan menjual pakaian sendiri yang sudah tidak digunakan lagi. Selain modal kecil, keuntungannya pun juga besar. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat tertarik membeli pakaian bekas yang masih layak pakai.
(NDA)