Apa Itu Biaya Entertain? Ini Penjelasannya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
24 Januari 2024 10:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi biaya entertain. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi biaya entertain. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam membangun hubungan yang baik dengan klien, perusahaan biasanya akan memberikan jamuan atau fasilitas tertentu yang kepada mereka. Sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mendukung tujuan tersebut dinamakan biaya entertain.
ADVERTISEMENT
Dapat dikatakan bahwa biaya entertain adalah biaya yang digunakan untuk menjaga relasi dengan kolega bisnis dan sebagainya supaya terwujudnya kerja sama yang mendatangkan keuntungan.
Saat pelaporan SPT tahunan PPh badan, biaya entertain juga termasuk sebagai salah satu perhitungan. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak uraian yang telah disajikan Berita Bisnis di bawah ini.

Apa Itu Biaya Entertain?

Ilustrasi biaya entertain adalah. Foto: Pexels
Biaya entertain merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk jamuan kepada klien atau rekanan bisnis untuk menjaga hubungan baik dan membangun kerja sama yang mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak.
Di samping itu, biaya entertain juga digunakan sebagai pengurang penghasilan bruto pada saat penghitungan SPT tahunan PPh Badan.
Mengutip dari buku Perpajakan oleh Syafii, S.E. M.Ak., Ali Muhdor, S.E., M.S.A, sesuai dengan SE Dirjen Pajak Nomor SE-27/PJ.22/1986 tentang Biaya Entertainment dan Sejenisnya, biaya entertain dapat dijadikan sebagai pengurang pada penghasilan bruto dengan beberapa syarat.
ADVERTISEMENT
Biaya tersebut dapat menjadi pengurang penghasilan bruto apabila wajib pajak dapat membuktikan bahwa biaya tersebut memang benar dikeluarkan untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan perusahaan (3 M) dan ada hubungannya dengan kegiatan usaha wajib pajak.
Selain itu, perusahaan juga harus melampirkan daftar nominatif pada SPT Tahunan PPh Badan.

Pembuatan Daftar Normatif Biaya Entertain

Ilustrasi biaya entertain. Foto: Pexels
Mengutip dari buku Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan (2022) 0leh Abdul Rahman, S.K.M., M.Si.
Untuk menghindari beban pajak yang seharusnya, perusahaan membuat Daftar Normatif dan melampirkannya dalam SPT Tahunan PPh Badan serta menyimpan bukti pendukung pengeluaran biaya entertain tersebut.
Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh penghematan pajak sebesar 30 persen dari biaya entertain yang boleh dikurangkan. Dalam pembuatan daftar normatif, informasi yang ada di dalamnya antara lain:
ADVERTISEMENT
Demikian adalah penjelasan mengenai apa itu biaya entertain dan pembuatan daftar normatif untuk biaya entertain dalam penghitungan SPT Tahunan PPh Badan.
(SA)