Apa Itu G20? Ini Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Indonesia

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Maret 2022 16:40
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sejumlah pekerja dan panitia berjalan di area Jakarta Convention Center tempat Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (G20 FMCBG) di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah pekerja dan panitia berjalan di area Jakarta Convention Center tempat Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (G20 FMCBG) di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian orang mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai apa itu G20 dan manfaatnya bagi Indonesia? Pada 2022, Indonesia diketahui secara resmi memegang Presidensi G20 alias Group of 20.
ADVERTISEMENT
Presidensi G20 Indonesia mengusung tema “Recover Together Recover Stronger”. Tema tersebut dijelaskan memiliki harapan dan mengajak negara-negara di dunia untuk bersama mendukung pemulihan di berbagai sektor agar memiliki ketahanan dan berkelanjutan.

Apa Itu G20 dan Manfaatnya

Lalu, apa yang dimaksud dengan G20? Apabila merujuk pada buku berjudul Indonesia Incorporated yang ditulis oleh Zaynur Ridwan, G20 atau Group of Twenty merupakan kelompok 19 negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang besar ditambah dengan Uni Eropa.
Dalam laman situs web resmi Bank Indonesia disebutkan juga bahwa G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 dinilai merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi Bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.
ADVERTISEMENT
Negara apa saja yang termasuk ke dalam Group of 20 tersebut? Berdasarkan buku Kamus Hubungan Internasional dan Diplomasi yang ditulis oleh Khasan Ashari, anggota G20 meliputi berbagai negara berikut ini:
  1. Afrika Selatan
  2. Amerika Serikat
  3. Arab Saudi
  4. Argentina
  5. Australia
  6. Brasil
  7. India
  8. Indonesia
  9. Inggris
  10. Italia
  11. Jepang
  12. Jerman
  13. Kanada
  14. Meksiko
  15. Republik Korea
  16. Rusia
  17. Prancis
  18. Tiongkok
  19. Turki
  20. Uni Eropa
Merah Putih, bendera negara Indonesia. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Merah Putih, bendera negara Indonesia. Foto: Pexels.com

Manfaat G20 bagi Indonesia

Fokus Presidensi Indonesia di G20 diketahui terletak pada tiga isu utama, antara lain kesehatan global yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.
Melansir dari laman situs web Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, berikut ini adalah berbagai manfaat G20 yang didapat Indonesia sebagai tuan rumah presidensi pada 2022.
  • Direncanakan akan membawa berbagai manfaat ekonomi sebesar 1,5 hingga 2 kali lipat secara agregat bila dibandingkan dengan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada tahun 2018.
  • Selain itu, terdapat perkiraan terjadinya peningkatan konsumsi domestik sebesar 1,7 triliun rupiah dan PDB domestik sebesar 7,43 triliun rupiah dari kunjungan para delegasi.
  • Presidensi G20 Indonesia juga direncanakan akan meningkatkan peran UMKM dan membantu menyerap sebanyak 33.000 tenaga kerja di berbagai sektor.
ADVERTISEMENT
Itulah kurang lebih manfaat G20 bagi Indonesia. Mengutip kembali laman situs web Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Sekretaris Kementerian Koordinasi Susiwijono menuturkan, selain mendapatkan manfaat ekonomi, Indonesia juga akan memperoleh manfaat strategis. Indonesia disebut akan berperan besar dalam menentukan arah kebijakan global di masa depan.
(AMP)