Konten dari Pengguna

Apa Itu PT GNI? Ini Visi dan Misi Perusahaannya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
2 Januari 2023 7:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi PT GNI. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi PT GNI. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI tengah jadi sorotan usai pabrik smelter miliknya di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) terbakar dan menewaskan 2 orang karyawannya, salah satunya adalah seleb tiktok Nirwana Selle. Apa itu PT GNI?
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi dalam laman resminya, PT GNI merupakan perusahaan milik pengusaha asal China, Tony Zhou Yuan, yang beroperasi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng).
Telah berdiri sejak tahun 2019, PT GNI hadir sebagai perusahaan pengolah nikel yang bersinergi dalam program hilirisasi mineral dan batu bara (minerba). Agar lebih mengenal apa itu PT GNI, simak uraian di bawah ini.

Apa Itu PT GNI?

Ilustrasi tambang nikel PT GNI. Foto: Pixabay
Sebagai perusahaan smelter nikel, PT GNI menerapkan proses Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) teknologi dengan mengembangkan 25 jalur produksi. Diketahui, smelter yang digunakan untuk implementasi program hilirisasi nikel di dalam negeri ini memiliki nilai investasi mencapai sekitar Rp 42,9 triliun.
Perusahaan ini akhirnya diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 21 Desember 2021 dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton Feronikel dengan kadar 10-12 persen per tahun, serta hasil input bijih nikel sebesar 21,6 juta ton per tahun.
ADVERTISEMENT
Acara peresmian PT GNI berlangsung di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Lokasi itu merupakan kawasan industri terpadu seluas 1.907 hektar yang dilengkapi fasilitas pelabuhan.
Smelter yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) milik PT GNI itu merupakan milik perusahaan baja asal Cina, yakni Jiangsu Delong Nickel Industry Co. Ltd.
Perusahaan tersebut diketahui juga melakukan operasi pertambangan dan pemurnian mineral di Kawasan Ekonomi Industri Xiangshui, Kota Yancheng, Provinsi Jiangsu.

Visi dan Misi PT GNI

Ilustrasi tambang nikel PT GNI. Foto: Pixabay
PT GNI memiliki visi menjadi nomor satu dalam industri smelter di Indonesia sekaligus mewujudkan program hilirisasi pemerintah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat di bidang pendidikan, lingkungan, pariwisata, dan lain sebagainya.
Adapun misinya adalah berjuang untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang. Di samping itu, PT GNI juga selalu berusaha membuka kesempatan bagi stakeholder dan komunitas dimana beroperasi untuk terus berkembang.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut termasuk membangun hubungan yang baik dengan stakeholder dan warga lokal, serta berkomitmen mengembangkan kualitas dari komunitas dan menjaga lingkungan tempat PT GNI beroperasi.
Alamat perusahaan ini berlokasi di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Adapun jam operasional PT GNI mulai pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA.
(NDA)