Bisnis
·
29 Mei 2021 9:57
·
waktu baca 1 menit

Apa Itu Restock dalam Bisnis Online

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Apa Itu Restock dalam Bisnis Online (641570)
searchPerbesar
Ilustrasi Restock. Foto: Pexels
Pernah mendengar istilah restock? Ya, istilah restock seringkali dijumpai dalam bisnis online. Selain mudah dan simple, online shop juga dinilai lebih efisien dalam membantu banyak orang dalam mencari barang yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Situs yang menawarkan jual beli di Indonesia juga sudah cukup banyak, sebut saja tokopedia, bukalapak, lazada, olx, dan lain lain.
Namun dalam bisnis online, ada banyak istilah yang mungkin jarang kamu dengar sebelumnya, seperti istilah restock. Bagi kamu yang masih awam dalam melakukan transaksi online terkadang bingung dan tak mengerti mengenai istilah – istilah yang sering digunakan di dunia online ini.

Berikut ini daftar istilah yang sering digunakan di dunia internet dalam melakukan transaksi jual beli ataupun bisnis.

Apa Itu Restock dalam Bisnis Online (641571)
searchPerbesar
Ilustrasi Restock. Foto: Pexels
  • Restock
Restock berarti bahwa barang yang ada sedang dalam posisi kosong, namun dari pihak penjual akan segera menyiapkan kembali atau memperjualbelikan kembali barang yang dalam keadaan kosong.
  • Sold Out
Istilah sold out menunjukan barang tersebut telah habis terjual. Kamu tidak bisa melakukan pembelian barang yang sudah sold out terkecuali penjual melakukan restock.
ADVERTISEMENT
  • Ongkir
Ongkir merupakan singkatan dari ongkos kirim yang artinya jumlah atau tarif ongkos kirim. Setiap kali kamu melakukan pembelian online terdapat ongkir yang harus dibayar oleh pembeli.
  • Cash on Delivery (COD)
COD atau Cash On Delivery adalah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan janjian bertemu di suatu tempat untuk cek barang, ataupun pembayaran. Jadi dengan ini pembeli dapat mengecek kondisi barang secara detail, sehingga resiko penipuan akan menjadi sedikit.
  • Pre-order (PO)
Istilah PO sangat sering didengar dalam dunia online. Arti dari PO atau pre-order sendiri adalah proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh seller, sehingga si pembeli akan membayar terlebih dahulu, kemudian si seller akan memesankan atau membuatkan barang yang dipesan kepada pembeli.
ADVERTISEMENT
  • Ready stock
Ready stock berarti bahwa barang sudah tersedia dan dapat dipesan oleh calon pembeli.
  • Reseller
Reseller merupakan orang yang menjual barang milik orang lain kepada pelanggannya. Istilah lain dari Reseller adalah calon yang menjual kembali barang yang sudah dibeli.
  • Trusted Seller
Trusted Seller atau yang berarti penjual terpercaya merupakan suatu cap atau pengakuan oleh banyak orang bahwa si penjual merupakan seorang penjual yang terpercaya.
  • Supplier
Supplier adalah sebutan untuk pihak yang memberikan pasokan barang untuk dijual kepada si penjual.
  • Hit and Run
Hit and Run berarti seseorang yang berjanji ingin membeli suatu barang, namun ternyata dia malah kabur. Atau juga berlaku bagi orang yang suka tanya mengenai barang, tetapi tak kunjung membelinya.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam bisnis online. Semoga bermanfaat!
(AAG)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white