Biaya Cek Lab di Puskesmas Tanpa BPJS 2023, Prosedur, dan Waktu Penyelesaiannya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
26 Oktober 2023 13:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Fasilitas kesehatan di puskesmas kini semakin berkembang pesat. Bahkan, pemerintah juga sudah melengkapi beberapa puskesmas dengan laboratorium guna melayani masyarakat yang ingin cek kesehatannya.
ADVERTISEMENT
Biaya cek kesehatan melalui layanan laboratorium di puskesmas pun cukup terjangkau. Apabila memanfaatkan BPJS Kesehatan, masyarakat pun bisa cek lab di puskesmas tanpa biaya sepeserpun alias gratis.
Lantas, berapa biaya cek lab di puskesmas tanpa BPJS 2023? Baca terus uraian artikel ini untuk mengetahui informasi seputar biaya cek kesehatan melalui layanan laboratorium di puskesmas terbaru.

Biaya Cek Lab di Puskesmas Tanpa BPJS 2023

Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Pexels
Mengutip laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), biaya pemeriksaan laboratorium di puskesmas untuk pasien umum tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Retribusi daerah.
Berdasarkan peraturan tersebut, produk layanan yang tersedia di laboratorium puskesam antara lain Hematologi, Urinalisa, Immunologi-Serologi, Mikrobiologi, dan Kimia Darah. Berikut rincian biaya cek lab di puskesmas tanpa BPJS 2023.
ADVERTISEMENT

Prosedur Cek Laboratorium di Puskesmas

Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Pexels
Secara umum, berikut beberapa prosedur yang perlu dilewati oleh pasien apabila ingin cek kesehatan melalui pelayanan laboratorium di puskesmas.
ADVERTISEMENT

Waktu Penyelesaian Cek Laboratorium di Puskesmas

Pengecekan laboratorium di puskesmas umumnya tidak memakan waktu lama. Untuk pemeriksaan DDR (Drike Drupple) atau malaria kurang lebih waktu penyelesaiannya hanya selama 2 jam.
Sedangkan tes widal atau pemeriksaan demam tifoid (tipes) waktu penyelesaiannya kurang lebih selama 1 jam. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan lain seperti HB Sahli, B20, HBsAg, Syphilis, HCG, Gula Darah, Asam Urat, Kolesterol, dan lain sebagainya hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit.
(NDA)