Cara Cek Akta Kelahiran Online dengan Mudah

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 14:25
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Cek Akta Kelahiran Online dengan Mudah (115970)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Akta Kelahiran. Foto: Dukcapil Pontianak.
ADVERTISEMENT
Cara cek akta kelahiran online dapat kamu lakukan melalui website Disdukcapil tempat tinggalmu. Kamu tidak perlu mengunjungi kantor Disdukcapil maupun kantor yang mengurus catatan sipil untuk mengecek akta kelahiran.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari dukcapil.kemendagri.go.id, akta kelahiran dibuat dan diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, UPT Dinas Dukcapil Kecamatan atau desa/kelurahan, dan kantor urusan kependudukan. Akta kelahiran berfungsi agar anak dapat didaftarkan di Kartu Keluarga.
Selain berfungsi untuk pendaftaran pada Kartu Keluarga, akta kelahiran juga berfungsi untuk perlindungan anak. Adanya akta kelahiran membuat anak jadi memiliki identitas serta kewarganegaraan. Hal tersebut disebut dalam Pasal 5 dan 27 pada UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Ketika kamu sudah membuat akta kelahiran, kamu perlu mengecek apakah akta kelahiran tersebut sudah terdaftar di kantor Dukcapil. Cukup memiliki jaringan internet yang bagus, kamu tidak perlu mengunjungi kantor untuk melakukan pengecekan.

Cara Cek Akta Kelahiran Online Melalui Website

Cara Cek Akta Kelahiran Online dengan Mudah (115971)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pencatatan Sipil. Foto: Pusat Informasi Publik Semarang.
Cara Cek Akta Kelahiran Online Melalui Website
Cara cek akta kelahiran online dapat kamu lakukan melalui website Dukcapil setempat dan email. Berikut cara yang dapat kamu ikuti untuk cek akta kelahiran online melalui website Dukcapil.
1. Kunjungi Website Resmi Dukcapil
Pertama, kunjungi website resmi Dukcapil di tempat kamu tinggal. Contohnya jika kamu bertempat tinggal di Kota Tangerang, kunjungi website kependudukan.tangerangkota.go.id.
2. Pilih Menu Akta Kelahiran
Setelah mengunjungi website resmi Dukcapil setempat, pilih menu Akta Kelahiran. Atau kamu juga bisa memilih menu Cek Status Akta Kelahiran. Tergantung pada setiap menu pada website Dukcapil tempat kamu tinggal.
3. Masukkan NIK
Jika sudah klik menu Akta Kelahiran, kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan yang sudah terdaftar.
4. Data Akta Kelahiran Ditampilkan
Selanjutnya kamu akan ditampilkan data akta kelahiran beserta nomor akta kelahiran sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan yang dimasukkan.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Akta Kelahiran Online Melalui Email

Tidak hanya melalui website, cara cek akta kelahiran online juga dapat kamu lakukan melalui email. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk cek akta kelahiran kamu melalui email.
1. Buka Aplikasi Email
Buka aplikasi email pada handphone ataupun laptop kamu. Jangan lupa untuk login akun email terlebih dahulu.
2. Klik Buat Email Baru
Kamu akan ditampilkan pada halaman email kamu setelah login akun. Setelah itu klik buat email baru.
3. Isi Tujuan Email dan Subject
Selanjutnya, kamu akan ditampilkan kolom untuk membuat email baru. Isi tujuan email dan subject email. Untuk tujuan email isi dengan [email protected] dan subject email dengan Cek Akta Kelahiran.
ADVERTISEMENT
4. Isi Pesan Email
Terakhir, sampaikan keperluan kamu yaitu hendak mengecek akta kelahiran apakah sudah terdaftar atau belum. Selain itu kamu juga dapat mengecek data dari akta kelahiran kamu. Jangan lupa untuk mencantumkan nama serta NIK. Kamu perlu menunggu 1x24 jam untuk mendapat balasan.

(NDA)